fbpx

Apakah Ada Kemungkinan untuk Berwisata ke Antartika?

Banyak yang menyatakan bahwa Antartika adalah satu-satunya tempat di dunia yang sulit ditinggali. Bahkan untuk sekadar dikunjungi. Kamu tidak akan bisa menemukan ATM, toko, restoran, dan fasilitas wisata lainnya. Lalu, apakah sebenarnya kita bisa berwisata ke Antartika?

Tentang Antartika

berwisata ke antartika
Sumber: unsplash.com/James Eades

Antartika merupakan bagian paling selatan dari dunia. Apabila kutub utara masih mungkin untuk ditinggali, maka tidak dengan Antartika. Hampir keseluruhan daratan di Antartika tertutup oleh es. Alhasil, tempat ini menjadi salah satu tempat paling misterius di dunia.

Dengan keadaan sebagai tempat terdingin, berangin, dan juga terkering di dunia, ternyata masih banyak orang yang ingin berwisata ke sana. Dilansir dari Intrepid Travel, ada peningkatan sekitar 84% untuk jumlah orang yang memesan tiket perjalanan menuju ujung selatan dunia tersebut tahun sebelumnya.

Lalu, bagaimana caranya kita betul-betul berwisata ke Antartika?

Kapan waktu yang tepat?

berwisata ke antartika
Sumber: unsplash.com

Waktu terbaik untuk berwisata ke tempat tinggal para penguin ini adalah pada saat bulan November hingga Maret. Dalam artian, pada saat musim panas terjadi di benua ini.

Meskipun dikatakan musim panas, suhu rata-rata di Antartika pada saat musim panas berada pada kisaran -6 hingga 10 derajat Celsius. Jadi, kamu tetap harus menyiapkan pakaian musim dingin terbaikmu ketika berwisata ke tempat ini.

Kemudian, kalau kamu beruntung, kamu bisa menemukan para penguin yang memang memiliki habitat di sana. Aktivitas lain yang dapat kamu lakukan adalah melakukan surfing, snorkeling, atau bahkan camping di tempat ini. Akan tetapi, tentu kamu membutuhkan seorang pemandu wisata yang handal.

Bagaimana cara ke sana?

berwisata ke antartika
Sumber: unsplash.com

Salah satu rute paling umum menuju Antartika adalah melalui Ushuaia, salah satu kota paling selatan di Argentina. Sejumlah perusahaan perjalanan wisata menawarkan pelayaran menuju Antartika selama 9 sampai 24 hari.

Ketika kamu sedang berada di perjalanan, maka kamu tidak hanya akan berlayar bersama dengan sesama pelancong. Kamu bisa bertemu dengan para ilmuwan, naturalis, atau bahkan sejarawan yang memiliki minat terhadap kehidupan di Antartika. Bagaimanapun, kawasan ini masih menjadi kawasan yang belum tersentuh sedemikian rupa oleh manusia.

Perjalanan yang tidak murah

Tentu mengunjungi tempat paling asing di dunia ini tidak akan murah biayanya. Untuk bisa berwisata ke Antartika, setidaknya kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 80-700 juta. Besarnya biaya akan bergantung pada lama perjalanan dan juga tingkat kenyamanan seperti apa yang kamu inginkan.

Jadi, pada dasarnya, bukanlah suatu hal yang tidak mungkin untuk berkunjung ke Antartika. Hanya saja, kamu memang membutuhkan persiapan yang matang untuk pergi ke sana. Bukan hanya soal dana, tapi juga kesiapan fisik dan kebutuhan lainnya.

Kamu juga bisa membaca tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan di kota-kota terdingin di dunia.

For Your Information

Apakah mungkin untuk melakukan wisata ke Antartika?

Meskipun kelihatannya tidak mungkin, ternyata kamu tetap bisa mengunjungi ujung selatan dunia tersebut. Ada sejumlah perusahaan perjalanan wisata yang menawarkan rute ini.

Kapan waktu terbaik untuk pergi ke Antartika?

Lebih baik kamu memilih pada saat musim panas. Bagaimanapun, di kawasan ini, suhu rata-rata masih bisa berada di bawah nol derajat celsius meski pada waktu musim panas.

Apakah berwisata ke Antartika murah?

Tentu perjalanan ini akan merogoh kocekmu cukup dalam. Baca artikel ini untuk tahu penjelasan lengkapnya.