“Begpacker,” Ketika Berwisata tetapi Mengemis di Negeri Orang.

sumber : thesun

Terdapat trend berwisata yang sedang menjamur di Asia Tenggara yang bernama : “Begpacker”. Artinya menjadi backpacker namun untuk bisa hidup memutuskan untuk mengemis di negara wisata yang ia tuju. Terdapat berbagai alasan dibalik perliaku turis-turis asing tersebut untuk meminta-minta, salah satu alasannya karena mereka memutuskan untuk travelling without money.

Turis-turis tersebut melabeli diri nya sebagai traveller yang ingin mengelilingi dunia dan ingin berinteraksi dengan masyarakat lokal, sehingga memutuskan untuk mengemis. Mungkin ketika pertama kali kamu mendengarnya terdengar keren. Tetapi ketahuilah perilaku turis yang seperti ini justru menimbulkan banyak masalah

Contoh kasus yang banyak terjadi saat ini terdapat di Pulau Bali. Kini banyak turis-turis asing yang meminta-minta di jalan untuk mendapatkan uang dari masyarakat lokal. Cara yang dilakukan bisa dengan meminta-minta langsung, menjadi pengamen, atau bahkan berdagang di jalan. Tidak hanya turis asing ini menganggu ketertiban, mereka juga berjualan tanpa izin dan membuat keributan di lingkungan masyarakat. Bahkan terdapat turis yang meminta-minta dan mengaku tidak punya uang untuk kembali ke negara asal, namun malah memanfaatkan uang tersebut untuk bersenang-senang.

Para begpacker ini membuat resah masyarakat karena tidak seharusnya mereka mengemis di negara tujuan wisata. Pemerintah Bali baru-baru ini juga bahkan harus membuat kebijakan, setiap turis asing yang kedapatan mengemis/berjualan akan dideportasi kembali ke negara asalnya. Terdapat wacana juga untuk menetapkan standar minimal uang yang dimiliki setiap turis sebelum datang ke negara tujuan wisata agar tidak perlu mengemis mencari uang lagi.

sumber : says

Memilih untuk berwisata dengan biaya yang minim merupakan hal yang menantang bagi sebagian orang, dan mungkin bisa memberikan pengalaman tertentu. Namun pastikan, ketika kamu memutuskan travelling low cost jangan sampai merepotkan masyarakat lokal yang menjadi tempat tujuan wisata kamu.