5 Hidangan Korea Selatan yang Wajib Dicicipi Menurut YouTuber Kimdao

Semenjak ‘demam’ hallyu atau Korean Wave mewabah di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, jumlah wisatawan atau turis yang berkunjung ke Negara Ginseng tersebut kian bertambah tiap tahunnya. Pada tahun 2017, Kementrian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan dan Badan Pariwisata Korea (KTO) mencatat lonjakan wisatawan mencapai angka 7 juta 22 ribu atau 6.9%. Wow!

Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh popularitas industri hiburannya yang turut serta memperkenalkan keistimewaan negara tersebut lewat bermacam program acaranya. Dirangkum dari channel youtube Kimdao, 50 Things to Do in Korea, Seoul, berikut adalah kuliner yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke negara Korea Selatan. Dijamin bikin ngiler!

5. Rose Ice Cream

Ice cream dengan bentuk bunga Rose ini sangat populer di daerah Myeongdong. Ada beberapa gerai yang menyajikan hidangan dengan bentuk indah ini, di antaranya Gelato De La Rosa dan Milky Bee. Agar tidak mengecewakan pelanggan, penjual biasanya sudah menyiapkan berbagai kombinasi rasa yang sudah dibentuk sedemikian rapinya. Yummy!

Sumber: Pheurontay.com

4.Bibimbap

Masakan Korea yang satu ini pasti sering kamu jumpai di berbagai drama series produksi Korea Selatan. Berupa semangkuk nasi putih yang dicampur dengan sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Saking melegendanya, sejarah bibimbap bahkan sudah ada semenjak ratusan tahun yang lalu, lho.

Sumber: sporcle.com

3. Patbingsoo

Makanan ringan khas Korea ini sudah ada semenjak akhir tahun 1950-an yang awalnya dikenal dengan es serut kacang merah dengan rasa manis. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, patbingsoo mulai disajikan dengan beragam bentuk yang lucu dan menggugah selera. Café-café biasanya menyajikan dengan tambahan ice cream, yogurt, jelly, dan beraneka ragam jenis buah. Lebih nampol segarnya jika kamu cicipi di tengah cuaca panas.

Sumber: Pinterest

2. Budae jjigae

Mulanya makanan ini disebut-sebut sebagai sup pangkalan militer karena sejarahnya terjadi pada saat Perang Korea. Sup ini dibuat dari sisa makanan yang dimiliki oleh pangkalan militer Amerika Serikat berupa daging kaleng dan ham yang ditambah dengan bumbu gochujang serta kimchi. Seiring dengan kepopulerannya, makanan ini disajikan dengan berbagai bahan tambahan seperti ramyeon, tteok, keju, dan sebagainya.

Sumber: Maangchi

1. Dak Galbi

Makanan ini menjadi sangat popular ketika musim dingin tiba. Campuran ayam, kol, tteokbokki, dan nasi yang disiram dengan saus pedas gochujang ala Korea sukses membuat kamu merasa hangat ketika menyantapnya. Sebagian masyarakat Korea Selatan menjadikan hidangan ini sebagai cemilan tanpa nasi karena sudah ada tteokbokki atau kue beras sebagai sumber karbohidratnya.

Sumber: Maangchi

Sebenarnya masih banyak lagi makanan, daerah, dan tempat belanja yang harus kamu coba satu-persatu ketika travelling ke Korea Selatan. Namun jangan melewatkan lima hidangan di atas ketika berkunjung, ya. Sampai bertemu di tulisan berikutnya dengan tema Negara Ginseng. Cheers!