5 Daftar Bandara Terbaik di Dunia yang Wajib Kamu Singgahi

Bandara, salah satu fasilitas penting penunjang mobilitas manusia untuk bepergian jarak jauh, terutama ke luar negeri. Seiring perkembangannya, bandara sebagai penyedia moda transportasi utama pesawat terbang terus berbenah diri menyambut dan melepas wisatawan menuju daerah tujuan masing-masing.

Tidak sedikit, antar bandara bersaing mempercanggih diri dengan ciri khas daerahnya masing-masing untuk memperebutkan gala ‘bandara terbaik’ di dunia. Sebagai bahan pertimbangan, Anak Rantau akan merangkum lima bandara terbaik di dunia untuk kamu!

5. Singapore Changi Airport

Sumber: www.jewelchangiairport.com

Sebagai bandara internasional peraih penghargaan Airport of The Year pada tahun 2006 oleh Skytrax ini baru saja meresmikan Jewel Changi Airport yang terletak di terminal T1. Terdapat 300 toko, hotel butik dengan 130 kamar, parkir bawah tanah, dan kebun terbesar di Singapura di dalam bangunan yang terbuat dari kaca dan baja ini. Bahkan desain bangunan Jewel Changi Airport ini sudah mendapat penghargaan MAPIC Awards di Cannes tahun 2016.

4. Tokyo International Haneda

Sumber: Wikipedia

Dalam ForbesTraveller.com edisi 2009, Bandara Haneda dinobatkan sebagai bandara paling tepat waktu di dunia selama dua tahun berturut-turut. Sentuhan teknologi tinggi tidak menyurutkan unsur tradisional khas Jepang yang terdapat di beberapa titik bangunan bandara ini. Salah satunya, kamu akan menemukan lantai khusus dengan arsitektur rumah pada jaman Edo atau yang disebut dengan Edo Market Place.

3. Hongkong International Airport

Sumber: Time Out

Disebut juga dengan Bandara Chek Lap Kok merupakan salah satu bandar udara tersibuk di dunia. Berbagai kemewahan dan keunikan ditawarkan oleh bandara yang satu ini, di antaranya keberadaan AVIATION Discovery Centre, pengunjung dapar berkenalan lebih jauh dengan perkembangan teknologi penerbangan, khususnya Hongkong. Untuk anak-anak disediakan Dream Come True Education Park yang memungkinkan mereka memainkan peran terkait profesi di masa depan.

2. London Heathrow Airport

Sumber: TripSawy

Tidak hanya tersibuk di UK, Bandara Heathrow juga merupakan salah satu bandara tersibuk di Eropa. Bandar udara yang terletak di bagian selatan kota London ini sudah menerapkan berbagai kecanggihan teknologi untuk memudahkan pengunjungnya. Salah satunya adalah menerapkan Baggage Handling System (BHS) atau sistem bagasi otomatis sebagai pilihan untuk mengurangi pencurian bagasi.

1. Doha Hamad Airport

Sumber: elle.vn

Bandar udara yang baru diresmikan pada tahun 2014 ini masih terhitung baru tapi sudah mencuri perhatian publik. Renovasi yang memakan dana sampai USD 15 Miliar terbayar dengan infrastruktur mewah yang mumpuni. Beragam fasilitas ditawarkan untuk memanjakan pengunjung, termasuk pajangan mobil-mobil mewah di sekitarnya. Jarak yang jauh antar gerbang keberangkatan tak perlu kamu khawatirkan karena pihak bandara menyediakan kereta monorail di tengah bandara. Wow! Jangan lupa untuk menyempatkan berfoto di patung ikonik Lamp Bear ya!

Bandara memang tempat tak kenal keadaan, pertemuan dan perpisahan semuanya berjalan cepat. Tapi mengunjungi suatu negara jangan lupa satu paket dengan menyaksikan keunikan bandaranya juga!