4 Negara Kecil Namun Kaya Raya di Asia Ini Wajib Masuk List Traveling Kamu!

Asia dilingkupi dengan keberagaman negara, jumlah penduduk, hingga kultur budaya setempat. Banyak pilihan negara yang bisa kamu jadikan bucked list untuk traveling karena setiap negara menyimpan keelokannya masing-masing. Dubai dengan kekayaan infrastrukturnya, China yang terkenal padat penduduk, India serta keberagam kultur Hindunya, dan negara-negara lain dengan keunikannya masing-masing.

Dilansir dari channel youtube World Top 10, kali ini kita akan ajak kamu traveling ke empat negara kecil tetapi kaya raya di bagian Asia. Mulai dari luas wilayah yang kecil, jumlah penduduk yang sedikit, namun tinggi dengan pendapatan perkapita penduduknya. Kira-kira negara apa saja ya?

1. Brunei Darussalam

Sumber: Youtube

Negara berdaulat dengan luas wilayah hanya 5.765 km2telah dinobatkan oleh Forbes sebagai negara ke-5 terkaya di dunia dari 182 negara karena memiliki lading minyak bumi dan gas alam yang luas. Sebagai salah satu negara maju di kawasan Asia Tenggara, Brunei juga tidak ketinggalan dengan beragam tempat wisatanya. Ada Gadong The Mall sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Brunei, Proboscis Monkey Safari River sebagai tempat wisata untuk melihat hewan kebanggan Brunei, Tesek Lama Recreational Park wisata keindahan air terjun dengan minat wisatawan asing tertinggi, dan beragam tempat wisata lainnya.

2. Singapura

Sumber: CNBC Indonesia

Negara pulau dengan luas wilayah 722.5 km2 ditetapkan sebagai negara pemilik kualitas hidup terbaik di Asia dan ke-11 di dunia oleh Economist Intelligence Unit. Sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, Singapura bisa menjadi alternatif terdekat untuk wisata dengan kemajuan teknologi, pusat perbelanjaan, atau melanjutkan studi dengan keberadaan beberapa universitas terbaik di dunia. Berkunjung ke Singapura rasanya kurang lengkap jika tidak menyempat berfoto di Merlion Park dengan patung singa ikonik Singapura, menyambangi toko sepanjang Orchard Road, menikmati taman hiburan sekelas Universal Studio, dan tempat wisata lain yang patut kamu kunjungi.

3. Qatar

Sumber: AIJAC

Negara emirat yang terletak di Asia Barat ini termasuk jajaran negara dengan pendapatan tertinggi, didukung oleh cadangan gas alam dan minyaknya terbesar ke-3 di dunia dan termasuk negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, ada banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Ada Katara Cultural Village, Palm Tree Qatar Island, The Corniche of Qatar, serta beragam tempat wisata dengan nuansa padang pasir dan Timur Tengah yang khas.

4. Kuwait

Sumber: Arabian Business

Negara monarki yang kaya akan minyak di Pesisir Teluk Persia, Asia Barat, menempati urutan tertinggi kategori Indeks Pembangunan Manusia di seluruh Jazirah Arab. Ada Menara Kuwait sebagai tempat ikonik yang wajib dikunjungi wisatawan asing, Scientific Center sebagai lokasi wisata keilmuwan, Moubarakiyya otensitas wisata Kuwait berbau tradisonal, dan beragam tempat wisata lainnya.

Negara kecil tetapi kaya akan sumber daya alam atau manusia ini bisa menjadi contoh untuk negara berkembang lainnya dari segi ekonomi, teknologi, infrasturktur, dan berbagai hal lainnya. Walaupun hanya memiliki luas wilayah kecil bukan berarti tidak ada tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Selamat berkunjung!