fbpx

Untuk yang Belajar di Rumah, Berikut Tips Supaya Tetap Produktif

Dengan semakin memarahnya penyebaran COVID-19, maka banyak sekolah maupun universitas yang menyelenggarakan kelas daring. Akan tetapi, ternyata tidak mudah untuk tetap belajar tanpa terganggu. Maka dari itu, berikut beberapa tips supaya kamu tetap produktif saat belajar di rumah.

Dengarkan musik

Sumber: pexes.com

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara supaya kamu tetap produktif. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kualitas hasil kerja seseorang meningkat ketika mereka mengerjakannya sambil mendengarkan musik.

Dengan demikian, tidak heran apabila dengan mendengarkan musik, sejumlah orang menjadi lebih produktif. Akan tetapi, hal ini tergantung dari jenis musik yang kamu dengarkan. Beberapa lagu mungkin malah membuat kamu mudah terganggu.

Jadi, pilih lagu yang sesuai dengan diri kamu dan bisa membantumu lebih berkonsentrasi.

Menjaga jadwal tetap sama

Meskipun kamu tidak betul-betul memiliki kewajiban untuk bangun pagi dan datang ke kampus, bukan berarti kamu tidak harus melakukannya.

Sangatlah penting bagi kamu untuk tetap menjaga jadwal yang kamu miliki. Buatlah jadwal kegiatanmu sehari-hari supaya kamu menjadi terbiasa. Hal ini akan memudahkanmu mengurangi rasa malas dan cenderung menjadi prokrastinator.

Menulis catatan di kertas

Sumber: pexels.com

Ketika kamu melakukan kelas daring, gunakan kertas dan juga pulpen untuk menulis catatan. Hal ini akan membuat kamu menjadi lebih fokus pada materi yang diberikan. Dengan menulis catatan di kertas, kamu secara tidak langsung akan memproses informasi yang kamu terima sebelum menuliskannya.

Tetapkan waktu istirahat

Meskipun kamu berada di rumah atau dorm, bukan berarti kamu harus berada terus-terusan di depan laptop. Tetapkan waktu istirahat yang tepat bagimu. Hal ini akan membuat kamu jadi jauh lebih rileks dalam menerima pembelajaran.

Hindari godaan

Sumber: musictimes.com

Menonton film di Netflix atau sekadar berselancar di Twitter atau Instagram memang menjadi godaan terbesar saat kamu belajar di rumah. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari godaan itu sebisa mungkin.

Coba ingatlah bahwa setelah kamu menyelesaikan seluruh tugasmu, maka kamu bisa segera menonton film ataupun bermain di media sosial. Jadi, kontrol diri kamu ya, Kawan Rantau.

Itulah sejumlah tips tetap produktif saat belajar di rumah. Jangan lupa juga membaca ulasan kami tentang sejauh mana keefektifan perkuliahan secara daring.

For Your Information

Apa mendengarkan musik bisa membantu saya menjadi lebih produktif?

Mendengarkan musik bisa menjadi salah satu cara supaya kamu tetap produktif.Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kualitas hasil kerja seseorang meningkat ketika mereka mengerjakannya sambil mendengarkan musik.

Bagaimana cara supaya tidak menjadi prokrastinator saat belajar di rumah?

Usahakan untuk terus menyesuaikan diri dengan jadwal harian rutin. Hal ini akan membantu kamu.

Apa saja tips supaya belajar di rumah jadi jauh lebih produktif?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawabannya.