fbpx

Pemilu di Luar Negeri, Berlangsung di 130 Negara

Pesta demokrasi terbesar di Indonesia akan berlangsung beberapa hari lagi, tepatnya pada tanggal 17 April 2019, serentak diadakan di seluruh wilayah bagian Indonesia. Pemilihan Umum (Pemilu) berlangsung dengan ketetapan setiap individu harus memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta anggota legislatif. Lalu bagaimana dengan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang notabenenya jauh dari Indonesia?

Sumber: Bontang Post

Kamu tidak perlu khawatir, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang telah ditetapkan, WNI yang berada di luar Indonesia tetap memiliki hak pilihnya dengan difasilitasi oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) setempat. Lalu, bagaimana prosedur pendaftaran calon pemilih di luar negeri? Mari kita bahas!

  1. WNI yang dianggap memenuhi syarat untuk memberikan hak suara mereka pada Pemilu nanti minimal sudah berusia 17 tahun serta memiliki identitas legal seperti e-KTP dan paspor.
  2. Calon pemilih di luar negeri dapat memeriksakan kelengkapan data melalui Sidmail (Sistem Informasi Data Pemilih) dan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) secara online. Lebih praktisnya, pengeditan data Coklit dapat dilakukan melalui media sosial terhubung seperti facebook, whatsapp, dan telegram.
  3. Proses pemungutan suara di luar negeri terderi dari tiga metode, yakni Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI terdekat, Kotak Suara Keliling (KSK), dan Kotak Pos. Pemilih dapat menyalurkan haksuaranya melalui metode yang paling mudah diakses dengan tempat tinggal di luar negeri sehingga tidak alasan bagi kamu untuk tidak memilih, lho.
Sumber: Pemilu Tempo.co

KPU (Komisi Pemilihan Umum) mendirikan kantor perwakilan di 130 negara seluruh dunia agar memudahkan WNI yang berada di luar negeri karena berbeda dengan Indonesia, Pemilu di luar negeri berlangsung lebih awal pada tanggal 8-14 April 2019. Namun penghitungannya tetap dilakukan serentak dengan penghitungan di Indonesia.

Sumber: Tribunnews.com

Maka sejauh ini, negara-negara yang sudah melakukan pemungutan suara ialah Yaman, Panama, Ekuador, Thailand, Uzbekiztan, Iran, dan Vietnam. Atau untuk kelengkapan informasi negara, kota, dan tanggal pemilihannya kamu dapat mengakses melalui situs resmi KPU atau media sosial KBRI setempat. Jangan sampai mengabaikan hak pilih kamu sebagai WNI karena pilihan kamu hari ini akan menentukan masa depan Indonesia nantinya. Selamat memilih dan selamat menikmati pesta demokrasi!