fbpx

Mulai dari INSEAD hingga NBS, ini 5 Sekolah Bisnis Terbaik di Asia

Ingin mempelajari bisnis lebih lanjut? Tentunya, mendapatkan gelar Master of Business Administration (MBA) menjadi salah satu hal yang diidamkan oleh beberapa orang. Maka dari itu, institusi pendidikan tinggi di Asia berlomba-lomba menawarkan sekolah bisnis terbaik yang tidak kalah dari sekolah bisnis terkenal di Amerika Serikat dan Inggris.

Dilansir dari Financial Times, berikut merupakan 5 sekolah bisnis terbaik di Asia:

1. INSEAD – The Business School for the World (Singapura)

anakrantau-sekolah-bisnis-asia-1.jpg
INSEAD Asia Campus. Sumber: touchmba.com

INSEAD merupakan salah satu sekolah bisnis terbesar di dunia. Dengan kampus yang berada di Eropa (Perancis), Asia (Singapura), dan Timur Tengah (Abu Dhabi), INSEAD berhasil menjadi institusi pendidikan dan penelitian bisnis yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk INSEAD Asia Campus, kampus ini terletak di Ayer Rajah Avenue dan North Buona Vista Road. Akses menuju kampus lumayan terjangkau karena hanya berjarak 15 menit dari distrik keungan dan 30 menit dari Bandara Changi.

Terdapat 6 program master yang ditawarkan di INSEAD, yakni: Executive Master in Change, Executive Master in Finance, Global Executive MBA, Master in Management, Master of Business Administration, dan Tsinghua – INSEAD Executive MBA.

2. Shanghai Jiao Tong University – CEIBS Business School (China)

anakrantau-sekolah-bisnis-asia-2.jpg
Sumber: pimnetwork.com

Shanghai Jiao Tong University (SJTU) merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi di Tiongkok yang memiliki sejarah panjang dan reputasi yang mumpuni di tingkat internasional. Salah satu fakultas yang paling terkenal di SJTU adalah China Europe International Business School (CEIBS).

CEIBS sendiri merupakan manajemen pendidikan gabungan yang didirikan oleh pemerintah China dengan Uni Eropa pada tahun 1994. Sebagai satu-satunya sekolah bisnis yang bermula dari kerja sama di tingkat pemerintah, maka CEIBS berkomitmen untuk mendidik para pemimpin dengan jiwa “China Depth, Global Breadth”. 

CEIBS menawarkan sejumlah program, mulai dari MBA, Finance MBA, EMBA, Global EMBA, Hospitality EMBA, Executive Education, dan PhD Program. Dengan berbagai pencapainnya, CEIBS menjadi sekolah bisnis pertama di Cina Daratan yang mendapat akreditasi EQUIS dan AACSB.

3. National University of Singapore Business School (Singapura)

anakrantau-sekolah-bisnis-asia-3.jpg
Sumber: openbusinessschool.org

Selama lebih dari 50 tahun, NUS Business School telah menawarkan pendidikan bisnis terbaik bagi pelajar-pelajar dari seluruh dunia. Sejak berdiri, NUS Business School berupaya untuk menawarkan pengetahuan bisnis global terbaik dengan sudut pandang Asia. Hal ini ditujukan untuk menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi pemimpin bisnis di Asia dan berujung pada kesuksesan di tingkat global

Para pengajar di NUS Business School merupakan para pakar di bidangnya. Bahkan berasal dari universitas-universitas terbaik dunia, termasuk Harvard, Wharton, MIT, Oxford, dan lainnya. Program yang ditawarkan di sekolah ini meliputi manajemen, finance, akuntansi, hingga marketing.

4. HKUST Business School (Hong Kong)

anakrantau-sekolah-bisnis-asia-4.jpg
Sumber: au.linkedin.com

HKUST Business School merupakan salah satu universitas termuda dan juga disegani di kawasan Asia. Berdiri sejak tahun 1991, nyatanya universitas ini telah mendapatkan pengakuan secara internasional. Terdapat 6 departemen yang dinaungi oleh HKUST Business School, yakni Accounting; Economics; Finance; Information Systems, Business Statistics and Operation Management; Management, dan Marketing.

Lokasi HKUST Business School sangatlah strategis karena terletak tepat di jantung ekonomi Asia. Dengan demikian, para siswa akan merasakan peleburan unik dari budaya Barat dan Timur di sini. Kemudian, mereka juga akan mendapat kesempatan mengamati secara langsung kekuatan ekonomi dunia yang paling penting, yakni China.

5. Nanyang Technological University: Nanyang Business School (Singapura)

anakrantau-sekolah-bisnis-asia-5.jpg
Sumber: nbs.ntu.edu.sg

Nanyang Business School (NBS) secara konsisten telah menjadi salah satu sekolah bisnis papan atas yang berhasil menawarkan pendidikan bisnis dan manajemen paling kompreehensif di kawasan Asia-Pasifik. Misi utama dari NBS adalah untuk mendidik pemimpin bisnis global dengan memberikan pengetahuan secara teori dan praktis.

Sekolah ini menawarkan setidaknya 7 program yang dapat dipelajari, yakni Accounting, Banking & Finance, Business Law, Information Technology & Operations Management, Leadership, Management & Organisation, Marketing, dan Strategy & International Business & Entrepreneurship.

Selain kelima sekolah di atas, ada juga nama-nama seperti Indian Institute of Management Bangalore (India), Fudan University School of Management (China), University of Hong Kong (Hong Kong), Sungkyunkwan University GSB (Korea Selatan), dan Singapore Management University: Lee Kong Chian (Singapura) yang termasuk ke dalam 10 sekolah bisnis terbaik versi Financial Times.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mendalami bisnis di salah satu universitas di atas?


Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?