fbpx

Jalan-jalan ke China Gratis dengan Write to China 2020

Halo, Anak Rantau! Apakah kamu ingin merasakan pengalaman pergi ke China tanpa biaya alias gratis? Maka kamu harus mencoba untuk mengikuti kompetisi esai yang satu ini untuk bisa mendapatkan pengalaman tersebut. Ya, dengan mengikuti kompetisi Write to China 2020, kamu bisa berkesempatan untuk jalan-jalan gratis ke China.

Tentang Write to China 2020

Write to China 2020
Poster Write to China 2020. Sumber: fpcindonesia.org

Tiap tahunnya, Foreign Policy Community of Indonesia mengadakan kompetisi esai bagi para pelajar di Indonesia. Di bawah nama resmi China Indonesia Youth Exchange Program, proyek ini merupakan kerja sama trilateral dari Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kedutaan Besar Republik Rakyat China, dan juga Pemerintah Provinsi Fujian.

Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan diplomasi people-to-people antara pemuda China dan Indonesia yang berumur 18-24 tahun. Program ini akan berjalan selama tiga minggu di kedua negara dan tentunya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Ketentuan Esai

Ilustrasi menulis esai. Sumber: oxbridgeessays.com

Untuk bisa berpartisipasi dalam program pertukaran pelajar ini, FPCI bersama Kedutaan Besar Republik Rakyat China akan memilih 20 pemenang dengan esai terbaik. Tema esai tahun ini yang diangkat adalah 70 Years of Friendship: Celebrating China-Indonesia Bilateral Relations. Iya, jadi kamu diharuskan membuat esai mengenai hubungan bilateral antara China dengan Indonesia yang telah berjelan selama 70 tahun.

Untuk ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Esai ditulis dalam bahasa Inggris dengan panjang 1000-1500 kata
  2. Gunakan font Times New Roman, ukuran 12, spasi 1,5, dan sertakan catatan kaki apabila diperlukan
  3. Simpan dalam bentuk dokumen word dan namai file dengan format: WTC2020_(Nama)_(Nama universitas)

Registrasi untuk Write to China 2020 ini telah dibuka di bit.ly/wtc2020. Peserta diharapkan melengkapi data pendaftaran dengan data yang valid dan mengunggah resume, kartu mahasiswa, dan juga esai yang telah ditulis.

Peserta juga diharapkan untuk menyimpan tautan registrasi mereka untuk mengubah jawaban mereka dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan. Keseluruhan data harus dikirimkan selambat-lambatnya tanggal 14 Februari 2020.

Apa yang akan dimenangkan?

Provinsi Fujian. Sumber: discoverhongkong.com

Sejumlah kriteria nantinya akan dinilai dalam seluruh esai yang dikirimkan, mulai dari grammar dan vocabulary, relevansi topik, dan juga kekuatan argumen. Peserta diperbolehkan untuk menulis dari berbagai sudut pandang, termasuk politik, ekonomi, sosial, maupun budaya. Asalkan sesuai dengan tema utama dari program.

Setelah dinilai, nantinya pihak panitia akan memilih 30 orang terbaik untuk diwawancara. Kemudian, 20 orang beruntung akan dipilih untuk mengikuti program China-Indonesia Youth Exchange ini secara gratis.

Program ini nantinya akan membuat kamu mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalanan selama 3 minggu di Beijing dan juga Provinsi Fujian. Sebelumnya, kamu juga akan mengunjungi sejumlah kota di Indoesia.

Pihak panitia akan memastikan bahwa seluruh biaya akan ditanggung, mulai dari visa, trasnportasi, akomodasi, makan, sertifikat, dan juga uang saku. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan biaya.

Penutup

Untuk pengumumannya sendiri nanti akan diumumkan pada 6 Maret 2020 melalui email dan juga media sosial dari FPCI. Bagi peserta terpilih, pastikan bahwa paspor kalian masih berlaku setidak-tidaknya hingga November 2020 mendatang.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa bertanya dengan mengirimkan email ke writetochina@fpcindonesia.org dengan subjek: ASK_(Nama), atau mengirimkan pesan melalui media sosial dari FPCI.

Kapan lagi, sih, ada kesempatan untuk jalan-jalan gratis ke China? Sekarang lah saatnya! Persiapkan esaimu dengan baik ya, Anak Rantau.

For Your Information

Apakah saya bisa jalan-jalan gratis ke China?

Ada banyak jalan menuju China. Jadi, jelas kamu bisa jalan-jalan gratis ke China. Salah satunya adalah dengan mengikuti kompetisi esai Write to China 2020.

Apa itu Write to China 2020?

Write to China 2020 adalah sebuah kompetisi menulis esai hasil kerja sama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Kedutaan Besar Republik Rakyat China, dan Pemerintah Provinsi Fujian.

Apa saja persyaratan pendaftaran Write to China 2020?

Baca artikel ini untuk tahu persyarata soal Write to China 2020 lebih lanjut.