fbpx

Yang Harus Kamu Tahu Tentang Kebijakan Lockdown di Melbourne

Kota terbesar kedua di Australia, Melbourne, kembali memberlakukan kebijakan lockdown. Hal ini menyusul adanya 191 kasus COVID-19 baru yang terjadi di Victoria. Penerapan kebijakan lockdown ini tentu bertujuan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut.

Lalu, bagaimana kebijakan lockdown Melbourne ini berdampak pada pelajar internasional? Berikut sejumlah hal yang harus kamu tahu.

Durasi

Sumber: aljazeera.com

Melbourne mulai memberlakukan kebijakan ini pada 8 Juli 2020. Durasi pelaksanaannya adalah selama enam minggu. Degan demikian, sekarang ini Melbourne memberlakukan Stage 3 “Stay at Home” yang membatasi aktivias warga sedemikian rupa.

Pengecualian

Dengan menerapkan kebijakan lockdown, maka otomatis kamu tidak akan bisa keluar dari rumah. Akan tetapi, kamu diperbolehkan untuk meninggalkan rumah untuk sejumlah alasan berikut:

  • Belanja makanan dan kebutuhan pokok
  • Provide care
  • Bekerja dan belajar, apabila tidak dapat dilakukan dari rumah
  • Olahraga

Kamu diperbolehkan melintasi perbatasan untuk tiga alasan teratas. Akan tetapi, pihak pemerintah Melbourne menekankan supaya para penduduk tetap berada di rumah. Bagaimanapun, pandemi COVID-19 ini memang mematikan.

Kelas-kelas tertentu tidak akan terpengaruh

Kemungkinan besar, kelas-kelas tertentu tidak akan terpengaruh dengan adanya kebijakan ini. Bagi pelajar sekolah menengah, mereka tetap bisa kembali ke sekolah.

Lalu, bagaimana dengan pelajar universitas?

Sejauh ini belum ada kebijakan yang diambil. Akan tetapi, kemungkinan besar universitas seperti RMIT akan menjalankan perkuliahan sesuai dengan jadwal yang ada.

Akan tetapi, jadwal tersebut berlaku bagi kelas-kelas khusus yang tidak memungkinkan dilakukan secara remote. Kemudian, untuk kelas lainnya, banyak pelajar dan staf yang akan menjalani perkuliahan jarak jauh.

Persiapkan persetujuan apabila butuh kembali ke kampus

Sumber: canberaatimes.com.au

Sejumlah universitas belum mengeluarkan kebijakan terkait pemberlakuan kebijakan lockdown baru ini. Akan tetapi, kemungkinan besar bagi para pelajar maupun staf yang akan kembali ke kampus, mereka harus mendapatkan approval terlebih dahulu.

Kemudian, bagi para pelajar dan staf yang tinggal di hot zone, diharapkan mereka segera melakukan tes COVID-19 seperti yang diminta oleh Dinas Kesehatan Victoria.

Periksa asuransi

Pelajar internasional kemungkinan besar akan diminta untuk melakukan tes COVID-19. Biasanya, mereka tidak perlu membayar karena sudah termasuk dalam asuransi kesehatan yang mereka miliki.

Kalau kamu belum yakin, segera cek kebijakan dan ketetuan dari asuransi yang kamu miliki.

Baca juga kisah Gabriel Baky yang bekerja di tengah kebijakan Lockdown Santa Clara, California.

For Your Information

Mengapa Melbourne kembali memberlakukan kebijakan lockdown?

Kota terbesar kedua di Australia, Melbourne, kembali memberlakukan kebijakan lockdown. Hal ini menyusul adanya 191 kasus COVID-19 baru yang terjadi di Victoria.

Berapa lama kebijakan lockdown di Melbourne berlaku?

Kebijakan ini berlaku gingga enam minggu ke depan.

Apa yang harus saya ketahui mengenai kebijakan lockdown di Melbourne?

Baca pembahasan kami berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Melbourne?