fbpx

Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Memutuskan untuk Berkuliah di Hungaria

Yang namanya berkuliah di luar negeri, pastinya harus ada persiapan yang matang. Melakukan riset kecil-kecilan mengenai gaya hidup serta kebudayaan negara tujuan juga menjadi perlu. Nah, untuk kamu yang ingin berkuliah di Hungaria, berikut merupakan hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum terbang ke negara di Kawasan Eropa Tengah itu.

Termasuk anggota Uni Eropa, tapi tidak memakai mata uang Euro

anakrantau-forint-uang
Uang dengan mata uang Forint. Sumber: welovebudapest.com

Hungaria telah bergabung dengan Uni Eropa sejak tahun 2004. Tentunya, banyak yang mengira bahwa Hungaria juga akan menerapkan Euro sebagai mata uang resminya. Nyatanya tidak demikian, Kawan Rantau. Mata uang resmi dari Hungaria adalah Forint (Ft). Sehingga, terkadang di tempat-tempat yang kamu kunjungi, mereka hanya akan menerima mata uang Forint ini.

Lucunya, terkadang memang ada tempat yang menerima pembayaran menggunakan Euro. Akan tetapi, uang kembalian yang kamu dapatkan adalah Forint. Hmm. Menarik juga, ya.

Mahasiswa bisa dapatkan diskon saat naik transportasi umum

anakrantau-transportasi.jpg
Transportasi umum di Hungaria. Sumber: pinterest.com

Yang cukup menyenangkan ketika tinggal di Hungaria sebagai mahasiswa adalah, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 50% saat menariki trarnsportasi umum yang tersedia. Tentunya, jangan lupa tunjukkan kartu pelajar kamu, ya. Setidaknya, ada 3 jenis transportasi yang dapat kamu manfaatkan, yakni Budapest Transport Limited (BKV), The Hungarian Railways (MAV), dan Volan.

Lebih banyak diskon dengan kartu pelajar

Sumber: Europa-cinemas.org

Selain diskon untuk menaiki transportasi umum, ternyata kartu pelajar yang kamu miliki juga ampuh untuk digunakan dalam mendapatkan diskon di beberapa fasilitas olahraga dan juga bioskop! Wah, pasti enak banget, deh, bisa nonton dengan harga murah.

Kamu bisa menggunakan kartu pelajar yang diberikan oleh kampus, atau menggunakan kartu pelajar internasional (ISIC).

Selain ketiga hal di atas, kamu juga harus menyiapkan pilihan akomodasi kamu selama berkuliah di Hungari. Yang harus kamu tahu, tidak semua universitas menyediakan asrama untuk ditinggali, contohnya di University of Szeged. Akan tetapi, di kampus ini, kamu bisa menemukan Foreign Students’Secretariat yang akan membantu kamu untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Kemudian, kamu juga harus ingat untuk mengurus asuransi kesehatan. Bagaimanapun, kesehatanmu lah yang paling penting apabila kamu berencana berkuliah di negara yang satu ini.

Nah, jadi bagaimana? Sudah memantapkan hati untuk berkuliah di Hungari? Yuk, segera siapkan perencanaan kamu dengan matang.


Ingin mengetahui cerita lain di Budapest?