fbpx

WWOOF, Traveling Sekaligus Menjadi Volunteer Pertanian

Bagaimana kalau sekali saja seumur hidup, perjalanan ke luar negeri tidak hanya dilakukan untuk diri sendiri? Tetapi justru melakukan sesuatu yang memberi manfaat untuk banyak orang, misalnya menjadi volunteer atau relawan.

Volunteer abroad memberikan kamu peluang untuk terjun di tengah-tengah masyarakat dengan misi tertentu. Kamu bisa bergabung dengan komunitas pembela hak-hak perempuan di India, pemeliharaan satwa liar di Afrika, menjadi guru untuk sekolah lokal di Nepal, atau menjadi relawan untuk membantu, mengelola, dan mempelajari pertanian di luar negeri. Salah satunya melalui Worldwide Opportunities on Organic Farms (WWOOF), sebuah organisasi yang memberikan kesempatan kepada relawan dari berbagai dunia untuk untuk terlibat di bidang pertanian semenjak tahun 1971.

Di dalam organisasi yang tersebar di 40 tempat berbeda, WWOOF berbagi misi untuk menghubungkan pengunjung dengan petani organik, mempromosikan budaya dan pendidikan, serta membangun komunitas global yang memahami pertanian secara ekologis dan berkelanjutan. Kamu yang penasaran dan ingin bergabung menjadi WWOOFer, yuk, disimak beberapa informasi berikut.

  1. 1. Menentukan Negara Tujuan

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika menentukan negara tujuan adalah bahasa. Akan sangat sulit nantinya berkomunikasi dengan pemilik, sesama relawan, dan masyarakat sekitar. Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan lingkungan yang ada seperti di pusat kota, pinggiran kota, daerah pedesaan, atau lokasi yang jauh dipelosok.

Sumber: Gregory Hayes on Unsplash

Selain itu yang perlu kamu ketahui bahwa WWOOF tidak memiliki aturan standar yang bersifat mengikat tentang hubungan kamu dan pemilik lahan pertanian. Maka ajukanlah petanyaan sebanyak mungkin layaknya kamu akan tinggal dimana, bagaimana situasi dan kondisi disana, serta menyebutkan kebutuhan lain yang sekiranya diperlukan.

2. Sistem Kerja dan Biaya yang Dibutuhkan

Pastikan kamu menentukan jadwal kerja beserta tanggung jawab selama menjadi relawan dengan pemilik lahan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak merasa dieksploitasi atau malahan tidak mendapatkan pekerjaan dan ilmu baru. Rata-rata waktu kerja yang dianjurkan adalah 6 jam dalam sehari dan hari libur setidaknya satu hari dalam seminggu. Kamu juga dapat memutuskan dan mendiskusikan dengan pemilik lama waktu yang akan digunakan sebagai relawan karena berkaitan dengan persyaratan pengurusan visa (jika diperlukan).

Sumber: Henry & Co on Unsplash

Biaya yang diperlukan selama menjadi relawan WWOOF tergantung di mana, kapan, dan berapa lama waktu yang akan digunakan. Beberapa rincian biaya yang sangat perlu kamu atur dan pertimbangkan diantaranya; keanggotaan WWOOF, tiket pesawat, transportasi darat menuju lokasi, makan dan minuman (jika tidak ditanggung pemilik lahan), aktivitas di luar WWOOFing, asuransi perjalanan, layanan internet, dan beberapa lain yang sesuai kebutuhan kamu.

3. Keuntungan menjadi WWOOFer

Ketika memutuskan menjadi relawan, selain membantu dan membawa manfaat untuk orang-orang di sekitar kamu, selamat ya, kamu berhasil membawa diri sendiri untuk fase yang baru.

Sumber: Miika Laaksonen on Unsplash

Bertemu dengan orang baru, mengunjungi tempat yang bahkan tidak biasa, mempelajari hal-hal baru, menikmati makanan dan minuman hasil pertanian organik yang segar, serta lebih terbuka dengan banyak perbedaan yang ada di sekeliling kamu. Perjalanan tidak akan mudah tentunya. Sebuah pengalaman yang ditulis salah satu WWOFer ini mungkin bisa memberi insight baru untuk kamu.

Mencoba penglaman baru di tempat yang juga abru tentu akan membawa hal-hal di luar perkiraan namun sekali lagi, perjalanan ini bukan tentang diri kamu sendiri pastinya.

For Your Information

Apakah menjadi volunteer pertanian di WWOOF mendapatkan bayaran?

Tergantung pemilik lahan pertanian

Apa saja yang akan dikerjakan selama menjadi volunteer?

Membantu pemilik lahan untuk bekerja, mengelola, dan mempelajari pertanian ekologis atau peternakan.

Dimana kegiatan volunteer akan dilakukan?

Di salah satu dari 40 negara di seluruh dunia yang telah bekerjasama dengan WWOOF.

Apakah saja yang didapat dari kegiatan volunteering?

Pengetahuan, kemampuan, uang saku (jika ada), fasilitas tempat tinggal, dan lain-lain

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?