fbpx

Tradisi Makanan Khas Tahun baru dari Berbagai Negara

Tradisi tahun baru di berbagai negara tentu sangat beragam. Mulai dari menyalakan kembang api hingga pesta makan jagung bakar menjadi pilihan. Lalu, apakada ada tradisi makanan khas tahun baru yang otentik? Ternyata, banyak lho tradisi makanan khas yang cuma ada di tahun baru dan tentunya merupakan suatu hall yang unik.

Telur mentah, El Salvador

Telur mentah - tradisi makanan tahun baru
Sumber: spoonuniversity.com

Sebelum kamu membayangkan harus makan telur mentah, maka yang sebetulnya terjadi adalah kamu tidak akan betul-beul makanya. Tradisi di El Salvador ini unik karena kamu diharuskan memecahkan telur ke dalam gelas satu menit sebelum tengah malam.

Kemudian, pada pagi harinya, kamu bisa memperlihatkan bentuk kuning telur dari telur yang kamu pecahkan. Pada akhirnya, telur tersebut akan menggambarkan tahun seperti apa yang akan kamu hadapi ke depannya.

Buah Delima, Turki

tradisi makanan tahun baru - buah delima
Sumber: plantogram.com

Sama seperti si telur mentah, kamu tidak perlu memakan buah delima ini. DI Turki, pada tahun baru orang-orang akan melemparkan buah ini ke pintu rumahmu. Semakin banyak biji yang keluar, maka dipercaya keberuntunganmu akan semakin besar.

Bagaimanapun, biji dari buah delima menyimbolkan kesuburan dan kemakmuran di tahun yang akan datang.

12 Anggur, Spanyol

Tradisi makanan tahun baru - 12 anggur
Sumber: thelocal.es

Memakan satu lusin anggur pada tengah malam di tahun baru merupakan tradisi tahun baru di Spanyol. Apabila kamu gagal melakukannya, maka itu berarti hal yang buruk akan menghampirimu. Rasa yang kamu rasakan ketika memakan anggur-anggur tersebut juga berpengaruh, lho. Kalau terasa manis, maka keberuntungan akan bersamamu. Apabila tidak, kamu memang harus sabar.

Lentils, Italia

Lentils - Tradisi makanan tahun baru
Sumber: italianfoodforever.com

Berbentuk seperti koin, lentls menyimbolkan kemakmuran ketika dimakan pada tahun baru. Biasanya, makanan yang satu ini disajikan bersama cotechino atau sosis babi yang mengandung banyak lemak. Kabarnya, sih, hal ini menyimbolkan kemakmuran di asa depan.

Tteokguk, Korea Selatan

tradisi makanan tahun baru - tteokguk
Sumber: seonkyunglongest.com

Sup khas Korea Selatan ini bisa menjadi penanda bahwa kamu telah satu tahun lebih tua. Tanpa mamakan sup ini, kamu tidak bisa dianggap bertambah usia. Konsep yang unik, bukan?

Orang-orang di Korea Selatan menganggap bahwa seseorang bertambah usia ketika tahun baru, bukan pada saat mereka berulang tahun. Terbuat daari kue beras yang diberi daging dan sayuran, tteokguk dipercaya dapat memberikan keberuntungan bagi yang memakannya.

Demikian tradisi makanan khas tahun baru dari berbagai negara. Apakah ada tradisi khas lainnya yang kamu tahu?

Baca juga 5 Hal Yang Kamu Belum Tahu Tentang Budaya Jepang

Ingin mengetahui cerita lain di Istanbul?