fbpx

Langkah-langkah Mendapatkan Letter of Recommendation (LoR) Terbaik

Salah satu persyaratan pendaftaran perkuliahan yang biasa adalah mencantumkan letter of recommendation (LoR). Biasanya, akan ada 2-3 surat yang diminta untuk menggambarkan kemampuan, pencapaian, dan kepribadianmu. Lalu, bagaimana cara mendapatkan letter of recommendation terbaik?

Berikut jawabannya.

Kapan waktu yang tepat untuk meminta letter of recommendation?

Sumber http://www.makeassignment.com

Letter of recommendation biasanya diberikan oleh orang-orang yang mengenalmu dengan baik. Guru atau dosen yang pernah mengajarmu menjadi pihak yang dapat kamu mintai untuk hal ini.

Apabila kamu ingin meminta surat dari mereka, usahakan untuk memintanya dari jauh-jauh hari. Satu bulan sebelum tanggal penutupan pendaftaran akan menjadi waktu yang ideal bagimu. Akan tetapi, lebih cepat lebih baik.

Perkirakan waktu yang dibutuhkan oleh reference-mu untuk menuliskan surat rekomendasimu. Terkadang, mereka membutuhkan waktu karena kesibukan dan kegiatan lainnya yang harus mereka lakukan. Jadi, jangan sampai terburu-buru saat memintanya.

Siapa yang sebaiknya memberikan rekomendasi?

Sumber: scribendi.com

Tentu ini adalah tugasmu untuk mencari orang yang tepat untuk memberikan rekomendasi. Yang harus kamu lakukan pertama adalah, baca ketentuan pendaftaran dari universitas yang kamu tuju. Biasanya, mereka meminta rekomendasi dari guru atau dosen di tempat kamu menempuh studi sebelumnya.

Lalu, kamu juga bisa bertanya pada konsuler, guru, atau bahkan keluarga siapakah yang cocok memberikan rekomendasi untukmu.

Pilihlah guru atau dosen yang mengenalmu dengan baik. Tidak hanya mengenalmu di dalam kelas, tapi juga di luar. Hal ini akan membuat letter of recommendation mu jauh lebih berisi.

Jangan lupa untuk menanyakan kesediaan dari orang tersebut untuk menjadi reference-mu.

Bagaimana cara mendapatkan letter of recommendation terbaik?

Sumber: careercontessa.com

Meskipun kamu sudah yakin dengan orang yang akan kamu mintai tolong, ada baiknya kamu mengobrol terlebih dahulu dengan orang yang akan memberikanmu rekomendasi.

Sebagai contoh apabila kamu ingin meminta letter of recommendation dari dosenmu. Minta waktu sebentar untuk bicara sembari membicarakan pencapaianmu selama berada di asuhannya, rencana studimu ke depan, dan apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus.

Hal ini penting karena dosen tersebut memiliki jumlah mahasiswa yang banyak. Jadi, mengingatkan kembali apa yang telah kamu capai sebelumnya, akan jauh lebih memudahkan sang dosen untuk menulis surat untukmu.

Lagipula, bukankah pada akhirnya hal ini juga termasuk cara bersilaturahmi?

Tips lainnya

Sumber: transitionresourceguide.ca

Jangan lupa menggunakan kop surat resmi dari universitas atau sekolahmu untuk mencetak surat rekomendasi yang kamu perlukan. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan dari pihak universitas tujuanmu atas keaslian dari surat yang kamu buat.

Kemudian, lakukan follow up kepada guru atau dosen yang kamu pilih supaya suratmu telah bisa kamu terima sebelum tanggal penutupan pendaftaran.

Terakhir, minta dukungan dari orang yang telah memberikan rekomendasi bagimu. Sampaikan juga rasa terima kasih karena kesediaan mereka telah menuliskan surat untukmu.

Kamu juga bisa membaca kiat jitu untuk mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) yang telah kami ulas sebelumnya.

For Your Information

Apa itu Letter of Recommendation?

Letter of Recommendation merupakan sebuah peryataan yang menggambarkan kemampuan, pencapaian, dan kepribadianmu.Biasanya digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran perkuliahan.

Kapan waktu yang tepat untuk meminta LoR?

Idealnya, kamu memintanya satu bulan sebelum pendaftaran ditutup. Akan tetapi, lebih cepat lebih baik.

Bagaimana caranya mendapatkan LoR terbaik?

Baca artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa kamu lakukan untuk dapatkan LoR terbaik.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?