fbpx

4 Kegiatan Buat Jadi Mahasiswa Produktif

Masa kuliah merupakan transisi remaja menuju dewasa. Inilah waktu di mana kamu menunjukkan kedewasaan dengan belajar mandiri dalam mencari jati diri. Namanya juga masa peralihan, ada kalanya seseorang merasa sedih dan galau dengan keputusannya. Hal itu normal karena manusia memiliki emosi. Meskipun begitu, jangan terlalu lama bersedih, ya! Cobalah pelan-pelan mengubah galau menjadi karya dengan 4 kegiatan yang dapat membuat mahasiswa menjadi produktif.

1. Magang

Sumber: Pexels

Bagi kamu mahasiswa tingkat akhir, jadilah produktif dengan mengikuti magang di perusahaan. Pada umumnya, bentuknya ada full time dan part time dengan jangka waktu tiga bulan. Saat ini magang juga menjadi pintu bagi para lulusan baru (fresh graduate) untuk diterima di perusahaan idaman. Jika kinerjanya bagus, maka perusahaan akan mempertimbangkan untuk mengangkat menjadi karyawan tetap. Nah, tunggu apa lagi? Kesempatan emas ada di hadapanmu.

2. Ikut Proyek Penelitian Dosen

Lecturing

Tugas seorang dosen bukan hanya mengajar mahasiswa, namun juga melakukan penelitian. Cobalah menjadi asisten penelitian atau asisten dosen jika kampusmu menyediakan lowongan tersebut. Manfaatnya, kamu akan mendapatkan akses jurnal yang tidak diketahui oleh teman-temanmu. Dengan begitu, kamu memiliki bank ide untuk bahan skripsi karena sudah memiliki gambaran tentang penelitian.

3. Ikut Organisasi atau Menjadi Relawan

Sumber: Pexels

Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minatmu. Tidak usah terlalu banyak, yang penting kamu dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan lembaga. Di dalam organisasi dan kepanitiaan, kamu akan belajar banyak tentang keahlian yang tidak ada diajarkan di kelas, seperti kerja sama, manajemen waktu, dan menghargai orang lain dalam berpendapat. Selain itu, lingkar pertemananmu akan semakin meluas, siapa tahu dapat membantu kamu dalam pengerjaan tugas kuliah.

4. Ikut Pertukaran Pelajar

Sumber: Pexels

Rasakan kuliah di luar negeri secara singkat dengan mengikuti pertukaran pelajar. Kegiatan ini ada yang berbayar, ada pula dibiayai penuh. Manfaatnya yaitu dapat membuka cakrawalamu terhadap perbedaan budaya, khususnya bidang pendidikan. Kamu juga akan belajar bertahan hidup di negara lain sehingga dapat sedikit mengerti manis dan getirnya jadi anak rantau.

Itulah informasi mengenai 4 kegiatan buat jadi mahasiswa produktif. Kehidupan kuliah tidak sekaku SMA yang setiap hari hanya di kelas. Inilah waktu untuk mencari dan mengembangkan kemampuanmu demi masa depan. Jadi, memilih bergerak atau diam saja menikmati kebimbangan? Pilihan ada di kamu, anak rantau.