fbpx

Apa yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Lulus Kuliah di Luar Negeri?

Tidak terasa, waktumu berada di negeri orang akan berakhir. Kamu berhasil melewati semester demi semester hingga kamu baru saja menyelesaikan tugas akhir. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan sebelum lulus kuliah di luar negeri?

Ternyata, Kawan Rantau, semester terakhir perkuliahanmu menjadi sangat penting, lho. Apabila kamu tidak menyiapkannya dengan baik, kamu akan semakin bingung dengan apa yang harus kamu lakukan setelah lulus.

Jadi, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum dinyatakan lulus kuliah di luar negeri.

Mengunjungi pusat pengembangan karir

Setelah lulus kuliah di luar negeri  - mengunjungi pusat pengembangan karir
Sumber: unsplash.com/Freshh Connection

Setiap universitas pasti memiliki pusat pengembangan karir. Bagaimanapun, salah satu tujuan seseorang setelah lulus kuliah adalah bekerja. Maka, kalau kamu belum pernah mendatangi tempat yang satu ini, pikirkan lagi. Setidaknya, inilah waktu yang tepat bagimu untuk berkunjung ke sana.

Di pusat pengembangan karir, kamu bisa bertemu dengan para konsuler karir yang akan membantu kamu mempersiapkan diri mengahadapi dunia kerja. Mereka akan memberi masukan atas resume yang kamu buat, dan bahkan menghubungkan kamu dengan kesempatan untuk melakukan internship di luar sana.

Jadi, tempat ini menjadi salah satu pusat informasi penting yang bisa kamu manfaatkan.

Mencari referensi

Biasanya, apabila kamu ingin melanjutkan kuliah kembali, atau melamar pekerjaan, kamu akan membutuhkan referensi dari orang-orang yang mengenalmu. Apabila selama berkuliah kamu pernah bekerja di kampus atau mungkin perpustakaan, kamu bisa mendapat kesempatan untuk meminta referensi dari supervisor-mu.

Apabila kamu ingin meminta referensi ini, kami sarankan kamu melakukannya sedikit lebih awal. Bagaimanapun, akhir semester bisa menjadi waktu yang sibuk bagi para pegawai kampus.

Abadikan kenangan

Setelah lulus kuliah di luar negeri  - mengabadikan kenangan
Sumber: unsplash.com/Andre Furtado

Selama kamu berkuliah di luar negeri, maka hal yang bisa menjadi kenangan adalah foto serta video yang kamu ambil. Meskipun mempercantik feeds Instagram bukanlah tujuan besarmu ketika memutuskan untuk kuliah di luar negeri, setidaknya kamu bisa mengabadikan kenanganmu secara pribadi.

Kamu bisa mengambil gambar tempat-tempat favoritmu di kampus, mulai dari di asrama, ruang kelas, maupun perpustakaan. Terkadang, hal inilah yang akan menjadi kenanganmu yang tak terlupakan ketika sudah kembali ke rumah.

Melamar pekerjaan

Jangan menunggu sampai kamu benar-benar lulus untuk melamar pekerjaan. Apalagi, kalau kamu sudah mendapatkan visa untuk bekerja.

Kamu bisa memulai melamar pekerjaan sembari menunjukkan resume kamu yang impresif. Meskipun belum tentu kamu langsung mendapat pekerjaan, setidaknya kamu sudah tahu proses seperti apa yang akan kamu jalani ketika melamar pekerjaan.

Jalan-jalan

Setelah lulus kuliah di luar negeri - jalan-jalan
Sumber: unsplash.com/Bhupendra Singh

Anggaplah jalan-jalan sebelum kelulusan sebagai hadiah untuk kerja kerasmu selama menempuh studi di negeri orang. Kamu bisa membuat itinerary jalan-jalanmu ke tempat yang belum kamu kunjungi sebelumnya.

Dengan demikian, kamu pun juga bisa mengabadikan kenangan ini untuk diingat ketika kembali ke rumah.

Demikianlah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebelum lulus kuliah di luar negeri. Pastinya, kamu akan merindukan masa-masa diri kamu menjadi anak perantauan.

Baca juga apa yang harus kamu lakukan setelah resmi diterima kuliah di luar negeri.

For Your Information

Apa yang bisa saya lakukan setelah lulus kuliah di luar negeri?

Tentu kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadpi apa yang akan kamu lakukan setelah lulus. Apakah bersiap mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan kembali.

Apakah penting untuk melamar pekerjaan sebelum lulus?

Tidak ada keharusan untuk melamar atau bahkan mendapatkan pekerjaan sebelum lulus. Akan tetapi, kamu bisa mempersiapkan diri dari awal apabila kamu sudah mulai melamar pekerjaan sebelum lulus.

Apa hal lain yang bisa saya lakukan sebelum lulus?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya lebih lengkap.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?