fbpx

Tips Staycation Aman dan Sehat untuk Diri Sendiri dan Sekitarnya

Berdiam diri di rumah terlalu lama dapat menimbulkan rasa bosankan bagi masyarakat perkotaan. Ada hasrat liburan singkat, namun tidak lupa protokol kesehatan secara ketat. Salah satu cara menghilangkan jenuh yaitu staycation. Menurut Cambridge Dictionary, staycation merupakan liburan singkat yang dilakukan di dalam kota yang dekat dengan domisili atau rumah sendiri. Biasanya, staycation dilakukan di tempat penginapan seperti vila atau hotel. Nah, supaya aman dan sehat, simak tips staycation di ulasan ini!

1. Tips Staycation Esensial: Rajin Baca Ulasan Tempat Penginapan

Sumber: Pexels

Ini merupakan tips staycation yang paling utama dan esensial. Kamu harus jeli ketika membaca ulasan mengenai tempat penginapan. Kulik terus informasi mengenai upaya tempat penginapan dalam pencegahan penularan Covid-19. Dengan begitu, kamu merasa yakin bahwa diri sendiri dan keluarga aman dari ancaman virus. Selain itu, kamu juga dapat mengira-ngira kebersihan fasilitasnya.

2. Berburu Diskon

Sumber: Pexels

Sepinya pengunjung membuat pihak hotel menawarkan diskon gede-gedean. Banyak tempat penginapan murah dengan kualitas premium. Ingat, staycation merupakan liburan singkat di dalam kota domisili, jadi pilihlah hotel murah yang dekat dengan tempat tinggal kamu.

Ganti suasana dengan menjadi digital nomaden yang aman dan tahu diri. Meskipun tempat penginapan sedang diskon, tapi bukan berarti kamu bebas keluyuran lebih jauh.

3. Bikin Daftar Rencana dan Logbook

Sumber: Pexels

Tetapkan tujuan jika ingin staycation dan memang untuk mendapatkan suasana baru yang dapat memotivasi kinerja. Diam di tempat penginapan bukan berarti tidak ada rencana. Kamu dapat memanfaatkan fasilitas hotel sebaik mungkin untuk tidak keluar ke tempat ramai.

Alangkah lebih baik jika kamu menyusun logbook atau catatan kontak selama staycation. Ibarat diari, catat atau ceritakan aktivitas kamu pada catatan. Hal ini merupakan langkah antisipatif untuk self tracking orang-orang yang kamu temui selama liburan singkat.

4. Bawa Alat Makan Sendiri untuk Tips Staycation Lebih Aman dan Sehat

Tips staycation penting lainnya yaitu membawa makanan sendiri. Adanya virus yang kasat mata membuat kamu harus extra hati-hati dalam menggunakan fasilitas umum di tempat penginapan, seperti alat makan. Biar lebih aman, bawalah alat makanan sendiri demi menghindari prasangka buruk. Tidak apa-apa repot sedikit demi kesehatan diri sendiri dan orang lain.

5. Selalu Patuhi Protokol Kesehatan Bukan Sekadarnya

Sumber: Pexels

Patuh protokol kesehatan sudah bukan sekadarnya di masa pandemi Covid-19. Wajib hukumnya memakai masker dan jaga jarak meskipun di dalam ruangan. Selain itu, sehat di tengah pandemi memang harus ribet. Kamu harus bawa perlengkapan esensial lainnya seperti sabun, hand sanitizer, disinfektan semprot, dan lain sebagainya untuk perlindungan diri. Jangan menyentuh permukaan barang sembarangan.

Itulah tips aman dan sehat liburan singkat di tempat penginapan. Jaga diri dan tahu diri merupakan kunci untuk meminimalisir target virus. Stay safe, everyone!

For Your Information

Apa itu staycation?

Menurut Cambridge Dictionary, staycation merupakan liburan singkat yang dilakukan di dalam kota yang dekat dengan domisili atau rumah sendiri. Biasanya, staycation dilakukan di tempat penginapan

Bagaimana staycation di tengah pandemi covid-19?

Terapkan dan patuhi protokol kesehatan secara ketat untuk diri sendiri dan orang lain. Tips bisa dibaca di sini!

Apa itu logbook untuk self tracking?

Ibarat diari, catat atau ceritakan aktivitas kamu pada catatan. Hal ini merupakan langkah antisipatif untuk self tracking orang-orang yang kamu temui selama liburan singkat.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?