fbpx

Tips Persiapkan Diri Sebelum Daftar Magang di Luar Negeri

Mempersiapkan diri sebelum mendaftar magang di luar negeri itu sangat perlu, lho, Kawan Rantau! Pasalnya, masih banyak mahasiswa yang belum tahu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk magang di luar negeri.

Pasalnya, kamu akan belajar untuk beradaptasi, bisa mendapatkan sudut pandang baru, mendapat jejaring baru, serta menambah kredibilitas kamu dalam bidang tertentu di CV. Untuk itu, yuk kita simak tips persiapkan diri sebelum daftar magang di luar negeri.

Mencari Perusahaan yang Pas

Sumber: unsplash.com/@glenncarstenspeters

Kamu perlu mencari tahu lebih banyak tentang perusahaan apa saja yang sesuai dengan preferensi kamu serta membuka lowongan magang yang sesuai dengan bidang kamu. Hal ini cukup penting mengingat pengalaman magang ini akan menjadi bagian dari CV kamu nantinya.

Kamu tak perlu ragu untuk mengontak perusahaan yang teman-teman minati dan menjelaskan kontribusi apa yang bisa kamu berikan sebagai peserta magang. Kamu juga bisa menemukan perusahaan yang membuka lowongan magang melalui situs resmi perusahaan atau portal pencari kerja, seperti Jobstreet dan LinkedIn.

Persiapkan Dokumen

Sumber: unsplash.com/@nicolegeri

Untuk bisa menjalani magang, kamu akan membutuhkan paspor yang masih berlaku setidaknya sampai 6 bulan ke depan. Selain itu, kamu juga perlu mengurus visa khusus untuk magang.

Persiapkan Tabungan

Sumber: unsplash.com/@micheile

Ketika menjalani magang, ada beberapa perusahaan yang akan memberikan uang saku atau fasilitas akomodasi. Namun, pada umumnya, jumlahnya tak sebesar gaji karyawan tetap. Karena itu, kamu perlu mencari tahu fasilitas apa saja yang bisa ditawarkan perusahaan tempat kamu magang dan bagaimana kondisi keuanganmu bisa membantu menutupi biaya lain yang tidak dipenuhi oleh perusahaan.

Namun, jangan khawatir, kamu juga bisa mendapatkan sumber pendanaan lain dengan mencari beasiswa untuk magang.

Persiapkan Barang-barang

Sumber: unsplash.com/@anete_lusina

Bila kamu sudah yakin bahwa kamu akan berangkat magang, jangan lupa untuk mempersiapkan barang-barang bawaanmu dari jauh-jauh hari. Jangan sampai kamu melupakan barang-barang penting karena kamu berkemas dengan tergesa-gesa.

Kamu juga perlu memastikan musim atau cuaca di negara tempat kamu akan magang nanti. Jangan sampai kamu membawa baju yang tipis padahal kamu menjalani magang di negara dengan cuaca yang dingin. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan satu setelan baju formal untuk berjaga-jaga bila ada kegiatan formal di tempat magangmu nanti.

Persiapkan Mental

Sumber: unsplash.com/@nataliafigueredo

Terakhir, kamu perlu mempersiapkan diri kamu sendiri untuk menjalani magang di luar negeri sebab kamu akan bertemu lingkungan yang baru dan membuat kebiasaan baru. Bila kamu adalah orang yang memiliki kecenderungan untuk homesick, pastikan kamu sudah membuat janji dengan orang-orang tercinta di rumah, kampus, atau sekolah kamu untuk saling bertukar cerita setidaknya seminggu sekali supaya rasa rindu kamu terhadap rumah tetap terobati.

Bagi kamu yang ingin menjalani magang di luar negeri, pastikan juga kamu sudah mengetahui bagaimana budaya di negara tujuan nanti, apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan mengingat setiap negara memiliki budaya yang berbeda-beda.

Sebagai permulaan, kamu juga bisa mencoba untuk mencari lowongan-lowongan magang di luar negeri atau melihat beberapa situs yang menyediakan info lowongan magang di luar negeri.

Selamat mencoba Kawan Rantau! Semoga kamu bisa segera menemukan perusahaan yang tepat untuk menjalani magang dan kamu juga bisa membawa banyak pelajaran baru setelah pulang dari luar negeri nanti.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?