5 Tips Ini Bantu Kamu Tetap Sehat Selama Traveling ke Luar Negeri

Seringkali pulang dari liburan tiba-tiba kondisi tubuh menjadi drop. Mulai dari flu ringan, anemia kambuh, hingga demam dan memerlukan waktu istirahat khusus. Hiii, padahal ada segudang cerita pengalaman seru yang siap kamu bagikan.

Traveling ke luar negeri dengan jarak tempuh yang jauh dan serangkai perjalanan yang melelahkan bisa saja menjadi salah satu faktor goncangan bagi daya tahan tubuh kamu. Belum lagi perubahan cuaca, bertemu dengan banyak orang, jadwal tidur yang berantakan, hingga jenis makanan yang dikosumsi. Eits, jangan khawatir! Sekarang kita akan membagikan tips agar tetap sehat ketika dan setelah traveling meskipun tidak sepenuhnya menjamin tapi mencegah tetap lebih baik daripada mengobati kan?

1. Membawa Semprotan atau Tisu Antibakteri

Sumber: Netflights

Bakteri atau virus penyebab penyakit tidak hanya berasal dari tubuh sendiri tetapi bisa juga berpindah dari orang atau benda di sekitar kamu yang sudah terpapar terlebih dahulu. Ada baiknya kamu menyemprot atau mengelap tempat-tempat yang akan kamu gunakan dalam jangka waktu lama. Seperti kursi pesawat jika long flight, tempat tidur di penginapan, dan sebagainya. Semprotan atau tisu anti bakteri ini bukan barang langka. Kamu bisa membelinya di toko-toko kesehatan maupun toko obat-obatan organik

2. Pastikan Persediaan Air Minum Mencukupi

Sumber: sg.carousell.com

Mencoba beragam jenis minuman ketika traveling ke suatu negara memang wajib hukumnya. Mengingat kesempatan tidak datang dua kali tapi hal ini bisa membuat kebablasan juga, lho. Bagaimanapun, kamu tetap membutuhkan asupan air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga kondisi tubuh tetap stabil. Ingat, standarnya 1.5L-2L/perhari ya!

3. Aromaterapi Membantu Kamu untuk Rileks

Sumber: IDN Times

Menempuh perjalanan udara yang lama, bertemu orang-orang baru, beradaptasi dengan lingkungan yang nyaris berbeda bisa membuat kamu gugup kapan saja. Aromaterapi muncul dengan wangi yang menenagkan, Bisa kamu larutkan ke dalam air atau diusap-usapkan pada beberapa anggota tubuh. Aromanya yang segar bisa mendatangkan ketenangan untuk kamu terutama jika susah untuk tidur di malam hari.

4. Menyiapkan Makanan Ringan Bernutrisi

Sumber: stinkybklyn.com

Meskipun semua orang mengerti bahwa makanan membawa pengaruh besar untuk kesehatan tubuh tapi tetap saja sering dipandang sebelah mata. Apalagi ketika traveling, beragam jenis makanan yang tersuguh susah untuk diabaikan, jadilah pencernaan terganggu hingga tiba-tiba sudah bergerak ke kanan secara signifikan. Hayooo, siapa yang seperti ini?

Memastikan tubuh kamu tetap mendapatkan asupan nutrisi dari buah-buahan serta menyiapkan protein bar sebagai cadangan makanan sangat perlu kamu lakukan selama liburan ini berlangsung.

5. Jangan Lupakan Pelembab Kulit dan Bibir

Sumber: Shape Magazine

Suhu yang dingin rentan membuat kulit tubuh serta bibir kamu menjadi kering. Jika diabaikan, dampaknya bisa menyebabkan gatal, mengelupas, hingga berdarah. Makanya laki-laki maupun perempuan tetap memerlukan pelembab kulit dan bibir selama traveling berlangsung. Menjaga kesehatan tubuh berarti seimbang dari dalam dan luar ya!

Meskipun liburan merupakan salah satu ajang relaksasi diri tapi jangan sampai kebablasan hingga jatuh sakit setelahnya. Semoga tips di atas membantu kamu untuk tetap aware terhadap kesehatan tubuh. Happy holiday and stay healthy!