fbpx

Tips dan Trik Menghemat Uang Selama Mencari Pekerjaan

Masa-masa mencari pekerjaan tentu bukanlah masa yang mudah. Apalagi, kamu juga tetap harus mengeluarkan uang untuk transportasi menuju tempat kerja dan lainnya. Belum lagi biaya sehari-hari yang kamu butuhkan. Maka dari itu, berikut sejumlah tips dan trik menghemat uang selama mencari pekerjaan.

Manfaatkan hal yang kamu punya

Sumber: theladders.com

Ketika dalam masa mencari pekerjaan, kamu bisa memanfaatkan hal-hal yang kamu punya untuk menambah nilai diri kamu. Buatlah CV kamu semenarik mungkin dengan berbagai aplikasi pembuat CV yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Kemudian, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan secara personal dari teman-teman dekatmu. Jadi, manfaatkan jejaring yang kamu punya untuk mencari pekerjaan.

Tak perlu membeli baju baru untuk wawancara

Sumber: freepik.com

Tentunya, kamu perlu memberikan kesan yang baik saat melakukan wawancara kerja. Maka dari itu, memiliki pakaian yang pantas sangatlah penting. Bahkan, meskipun kamu melakukan wawancara secara daring via Zoom atau Skype

Akan tetapi, bukan berarti kamu harus selalu membeli baju baru saat mendapat panggilan wawancara. Kamu bisa berkreasi dengan memanfaatkan pakaian yang kamu punya. Atau, kamu bisa meminjam baju milik keluarga atau temanmu.

Manfaatkan situs pencarian kerja gratis

Sumber: businessnewsdaily.com

Situs pencarian kerja gratis sangatlah banyak macamnya, Kawan Rantau. Jadi, tak perlu terburu-buru untuk berlangganan apabila kamu bisa mendapatkan lowongan kerja yang tepat di situs pencarian gratis.

Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun sangat beragam. Mulai dari pekerjaan di perusahaan startup hingga NGO. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya situs tersebut.

Selain hal di atas, yang tak kalah penting dalam menghemat uang selama mencari pekerjaan adalah mencatat pengeluaran kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu lebih baik.

Jadi, Kawan Rantau, demikianlah sejumlah tips dan trik menghemat uang selama mencari pekerjaan. Semoga kabar baik segera menghampirimu, ya.

Baca juga cara mendapat pekerjaan di tengah pandemi COVID-19.

For Your Information

Mengapa masa pencari pekerjaan merupakan masa yang sulit?

Karena kamu harus bisa mengatur keuangan sedemikian rupa tanpa adanya pemasukan.

Apa saja tips dan trik menghemat uang selama masa mencari pekerjaan?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?