fbpx

Supaya Tidak Sendirian, Berikut 3 Tips Networking Selama Bekerja di Rumah

Ketika kamu bekerja di kantor, sangatlah mudah untuk melakukan networking. Kamu bisa menjalin hubungan dengan rekan kerjamu saat istirahat makan siang, di tengah-tengah rapat, atau saat menaiki lift. Akan tetapi, ketika kamu bekerja di rumah seperti sekarang ini, hal tersebut tidak mudah dilakukan. Maka dari itu, berikut kami bagikan 3 tips networking yang bisa kamu lakukan saat bekerja di rumah.

1. Manfaatkan media sosial

Tips networking di rumah - manfaatkan media sosial
Sumber: medium.com

Salah satu cara untuk melakukan networking saat bekerja di rumah adalah dengan memanfaatkan media sosial. Kamu bisa terhubung dengan banyak orang melalui media ini.

Kamu bisa mencoba untuk bergabung dengan grup-grup profesional yang ada di LinkedIn ataupun Facebook. Biasanya, satu grup tersebut memungkinkan kamu untuk bertukar pikiran dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

Lalu, kamu juga harus memanfaatkan waktu seperti sekarang ini untuk tetap berhubungan dengan kawan lama dan rekan kerjamu.

2. Mengikuti acara virtual

Selama pandemi, banyak sekali pihak yang mengadakan acara berupa konferensi maupun seminar secara virtual. Berdasarkan hasil survei IDC, suatu acara yang berpindah dalam bentuk virtual malah mendapat kenaikan peserta hingga 46%. 

Mengikuti acara virtual bisa menjadi cara yang baik untuk mulai berjejaring, Kawan Rantau. Banyak acara yang mendorong kamu untuk saling berdiskusi dalam satu kelompok kecil. Tentu akan sangat menarik, bukan?

3. Bangun hubungan dengan rekan kerja sekarang

Tips networking di rumah - komunikasi dengan rekan kerja
Sumber: freepik.com

Apabila kamu seseorang yang baru saja mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi ini dan kebetulan langsung bekerja di rumah, maka sangatlah penting bagimu untuk membangun hubungan dengan rekan kerjamu. Ambilah kesempatan dengan memanfaatkan pertemuan daring yang dilakukan serta grup percakapan di kantor. 

Kamu juga bisa memulai percakapan sederhana saat menunggu rapat dimulai. Kalau kamu merasa tidak nyaman untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan fasilitas chat yang ada.

Tentunya, sangat penting untuk menjalin hubungan dengan rekan kerja yang akan bekerja denganmu ke depannya. Maka dari itu, cobalah untuk selalu bisa ramah dan terbuka dengan rekan kerjamu sekarang.

Nah, itulah 3 tips networking yang bisa kamu lakukan selama bekerja di rumah. Memang menjalani kerja di rumah bukanlah sesuatu hal yang mudah. Akan tetapi, di tengah pandemi ini, kita harus tetap bersyukur dengan semua hal yang kita miliki.

Baca juga tips supaya work and study from home lebih produktif.

For Your Information

Apakah bisa melakukan networking di rumah?

Tentu bisa, Kawan Rantau. Simak tipsnya di artikel berikut ini.

Apakah penting untuk melakukan networking?

Tentu saja. Tanpa netwroking, kamu tidak akan bisa bekerja sama dengan baik, bukan?

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?