fbpx

Sup Tom Yum, Makanan Khas Thailand yang Tak Boleh Dilewatkan

Halo, Anak Rantau. Apakah kamu sedang berkunjung ke Thailand? Tentunya, tidak lengkap rasanya apabila kamu tidak melakukan wisata kuliner. Betul, bukan? Sebagai seseorang yang mengunjungi Thailand, jangan sampai kamu melewatkan Sup Tom Yum, makanan khas Thailand yang tak boleh dilewatkan.

Sekilas tentang Tom Yum

Sup Tom Yum khas Thailand
Sumber: thedailymeal.com

Tom Yum dikenal sebagai sup asal Thailand yang didominasi oleh udang. Selain di Thailand, Tom Yum juga bisa kamu temui di negara-negara tetangga Thailand seperti Kamboja, Malaysia, dan Singapura.

Lalu, sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan Tom Yum?

Jadi, Tom Yum sendiri berasal dari dua kata, yakni “Tom” dan “Yum”. Kata “Tom” berasal dari bahasa Thailand yang berarti “panas” atau “mendidih, dan “Yum” berarti “pedas dan asam”. Tentu, keduanya sangat menggambarkan rasa dari sup ini.

Sejarah

Meskipun sejarah keaslian dari Sup Tom Yum ini tidak diketahui secara jelas, diyakini bahwa sup Thailand ini berasal dari Thailand Tengah. Tempat di mana banyak sekali udang segar yang tersedia, yakni dekat dengan Sungai Chao Phraya.

Selama bertahun-tahun, sup ini menjadi favorit di Thailand karena memang cara pembuatannya yang sederhana. Rasanya yang unik pun juga menjadi salah satu faktor. Hingga sekarang, Tom Yum menjadi salah satu makanan khas dari berbagai restoran Thailand yang ada di negara mana pun.

Selain itu, ada pula cerita menarik dari kepopuleran Sup Tom Yum pada tahun 1997. Iya, pada tahun ini terjadi krisis finansial Asia yang begitu hebat dan berpengaruh ke seluruh negara-negara yang ada di Asia. Kemudian, banyak orang yang menjuluki krisis tersebut sebagai Tom Yum Goong Crisis karena krisis finansial itu bermula dari Thailand.

Jenis-jenis Sup Tom Yum

Ternyata, Sup Tom Yum ini memiliki beberapa jenis, lho. Berikut merupakan beberapa di antaranya:

  1. Tom Yum Goong. Versi paling populer dari Sup Tom Yum di kalangan turis. Bahan dasar utama dari sup ini adalah udang. Diperkirakan jenis sup ini telah ada sejak pemerintahan Kerajaan Rattanakosin.
  2. Tom Yam Pla. Merupakan sebuah sup ikan yang dapat dimakan bersama nasi.
Sup-Tom-Yum-Thailand
Sumber: hot-thai-kitchen.com
  1. Tom Yum Gai. Untuk versi sup yang satu ini, akan cocok bagi kamu yang menyukai ayam. Iya, Tom Yum Gai merupakan Sup Tom Yum yang memakai bahan dasar ayam.
  2. Tom Yum Po Taek. Kalau yang satu ini, wajib dihindari oleh orang-orang yang alergi terhadap seafood. Jadi, untuk Tom Yum Po Taek, kamu akan menemukan berbagai campuran seafood di dalamnya, mulai dari udang, cumi-cumi, hingga beberapa ikan.
  3. Tom Yam Kung Mahprao on Nam Khon. Kalau versi yang ini merupakan Sup Tom Yum udang yang disajikan menggunakan kuah santan.

Di mana bisa menemukannya?

Kalau kamu sedang berjalan-jalan di Bangkok, maka cobalah mampir ke Inter Thai Food. Resoran ini merupakan restoran yang menyajikan makanan tradisional Thailand yang otentik. Harganya pun akan sangat ramah kantong. Kamu bisa menemukan Inter Thai Fod di Distrik Pathum Wan, Bangkok.

Kemudian, kamu juga bisa mampir ke Somtum Der, salah satu restoran Thailand yang bahkan sudah memiliki cabang di berbagai kota di belahan dunia lainnya, seperti Tokyo, Beijing, dan New York. Salah satu ciri khas dari restoran ini adalah, mereka menyediakan lebih dari 20 varian Sup Tom Yum. Menarik, bukan?

Demikianlah sedikit informasi mengenai Sup Tom Yum khas Thailand yang tak boleh kalian lewatkan.

Baca juga Kangen Masakan Indonesia? Kunjungi 3 Restoran Ini Kalau Kamu Sedang Berada di Los Angeles

Ingin mengetahui cerita lain di Bangkok?