fbpx

Sambut Natal, Ini 3 Tradisi Natal di Beberapa Universitas Dunia

Tak terasa, kita akan sampai di penghujung tahun 2019. Tentunya, sebelum menyambut tahun baru, kita juga akan menyambut hari Natal. Sudah pasti akan banyak sekali tradisi yang dilakukan untuk menyambut hari raya yang satu ini.

Hal tersebut wajar dilakukan karena Natal selalu menjadi salah satu hari yang dinantikan. Tentunya, merayakan Natal tidaklah lengkap tanpa kehadiran keluarga maupun teman.

Lalu, bagaimana kalau kamu adalah anak rantau yang tak sempat pulang ke rumah? Ternyata, di beberapa universitas ini, ada tradisi natal yang dilakukan setiap tahun, lho. Penasaran apa saja tradisinya dan di universitas apa saja? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

3. Parade Lampion, University of the Philippines

anakrantau-parade-lampion.jpg
Parade Lampion, University of the Philippines. Sumber: rappler.com

Filipina dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki perayaan paling panjang untuk menyambut natal. Tak heran apabila di beberapa universitas di negara kepulauan tersebut, terdapat berbagai tradisi yang dilaksanakan. Termasuk dengan parade lampion yang dilakukan di University of the Philippines.

Parade lampion dari universitas ini memang dijadikan tradisi tahunan. Tujuannya adalah untuk menunjukkan kreativitas dari para mahasiswa dalam membuat lampion-lampion yang begitu cantik dan tentunya dapat menarik perhatian publik. 

Sebagai pembukaan, untuk tahun ini parade lampion dimulai dengan pertunjukan cahaya yang diberi judul “Pag-lilaw Para sa Pasko”. Yang pasti, pertunjukan unik ini akan diiringi dengan penampilan musik, tari, dan pertunjukan lainnya dari para siswa.

Rencananya, parade ini akan dilaksanakan pada 13 November dan bertempat di Academic Oval dan Quezon Hall Amphitheater. Wah, menarik banget ya pertunjukannya!

2. Purdue Christmas Show, Purdue University

anakrantau-purdue-christmas-show.jpg
Purdue Christmas Show. Sumber: purdue.edu

Purdue University merupakan salah satu universitas yang berlokasi di West Lafayette, Indiana. Berdiri sejak tahun 1869, ternyata universitas, yang katanya terletak di tengah ladang jagung ini, memiliki salah satu tradisi natal yang cukup terkenal, lho! Ya, apalagi kalau bukan Purdue Christmas Show.

Ternyata, Purdue Christmas Show memiliki sejarah yang cukup panjang, lho. Pertunjukan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1933 dan hanya dihadiri oleh  200 orang saja. Kala itu, pertunjukan ini diselenggarakan di Fowler Hall–salah satu aula di Purdue yang digunakan untuk menggelar pertunjukan dan lainnya.

Siapakah pengisi acaranya? Meskipun Purdue University tidak memiliki jurusan seni, ternyata para siswa bersemangat lho untuk tampil di pertunjukan ini. Meski tidak akan mendapatkan nilai tambahan atau kompensasi lainnya, para siswa tetap antusias dalam mengisi acara ini. 

Saat ini, Purdue Christmas Show dapat menarik penonton hingga lebih dari 15.000 orang! Pertunjukan yang megah, bukan?

1. Christmas Tree Lighting, Marywood University

anakrantau-christmas-lighting-tree.jpg
Tradisi penyalaan lampu pohon natal di Marywood University. Sumber: thepapershop.com

Tradisi penyalaan lampu pohon natal menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa begitu saja dilewatkan. Marywood University merupakan salah satunya. Universitas yang terletak di Scranton, Pennsylvania ini telah menyelenggarakan tradisi ini sejak tahun 1971. 

Biasanya, para murid akan berkumpul di Liberal Art Center. Setelah upacara penyalaan lampu, para pengunjung dapat menikmati karya seni buatan para siswa yang tergabung dalam Interior Architecture Club, Marywood University. Di depan kantor pos kampus ini, kamu akan bertemu dengan Santa Claus yang akan menampung surat-surat untuk Santa ke dalam satu kotak surat. Pengunjung yang datang ke acara ini tidak akan dipungut biaya apapun.

Nah, itulah beberapa tradisi natal dari beberapa universitas di dunia yang tentunya menarik. Bagi kamu yang kebetulan merupakan siswa di sana, pasti menyenangkan bukan bisa tetap merayakan natal bersama teman-teman meski jauh dari keluarga? Jadi, selamat menyambut hari natal ya, Anak Rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Manila?