fbpx

Sambut Imlek, Berikut Perayaan Imlek di Berbagai Universitas di Dunia

Sama seperti tahun baru lainnya, Imlek menjadi salah satu perayaan yang wajib dirayakan. Bagi kamu yang sedang berada di luar negeri tentu akan merasa homesick saat tidak bisa merayakan imlek bersama keluarga. Akan tetapi, berbagai universitas di dunia tetap menyelanggarakan perayaan imlek, lho. Kira-kira, adakah universitasmu di daftar berikut ini?

Cleveland State University – Amerika Serikat

Sumber: csuohio.edu

Tiap tahunnya, perayaan imlek menjadi salah satu acara terbesar dari Confucius Institute di Cleveland State University. Confucius Institute akan bekerja sama dengan sejumlah organisasi dan pemimpin komunitas China untuk merencanakan perayaan ini. Diperkirakan, akan ada ribuan tamu yang hadir.

Dalam perayaan ini, kamu bisa menikmati berbagai penampilan musik, tari, seni bela diri dan lainnya. Perayaan ini akan diadakan pada 1 Februari 2020 dan bertempat di Berkman Hall Auditorium, Cleveland State University.

University of Exeter – Inggris

Perayaan Imlek berbagai universitas
Sumber: exceter.ac.uk

Perayaan Imlek di University of Exeter merupakan perayaan imlek terbesar di Exeter. Tiap tahunnya, ada lebih dari 2,500 orang yang mengunjungi perayaan ini. Tentunya, perayaan imlek ini tidak dapat terselenggara tanpa usaha dari Chinese Student Scholars Association (CSSA) yang didukung oleh pihak universitas.

Untuk perayannya sendiri tahun ini akan jatuh pada 2 Februari 2020 dan dibuka dengan tarian tradisioal naga dan singa. Selain terdapat parade tarian yang dimulai dari Buffet City menuju Royal Albert Museum, kamu bisa menemukan berbagai kesenian maupun makanan khas China di perayaan ini. Nantinya, perayaan imlek di University of Exeter akan ditutup dengan penyalaan kembang api.

University of Huddersfield – Inggris

Perayaan Imlek di University of HUddersfield
Sumber: Youtube.com

Perayaan Imlek di University of Huddersfield akan jatuh pada 30 Januari 2020. Dalam perayaan ini, keseluruhan tradisi dan budaya dari negara-negara di Asia Selatan akan ditunjukkan. Tiap tahunnya, Chinese Society mengadakan perayaan imlek dengan menggelar Chinese Evening Gala.

Perayaan Imlek ini menjadi salah satu acara terbesar di University of Huddersfield. Nantinya, perayaan ini akan terbuka bagi siapapun.

University of Pittsburgh – Amerika Serikat

Perayaan imlek di University of Pittsburgh
Sumber: pittsburghkid.org

Tahun ini, Institute for International Studies in Education dari University of Pittsburgh menggelar perayaan imlek bagi seluruh warga Pitt. Mulai dari siswa, pengajar, staf, alumni, maupun lainnya bisa menghadiri acara yang akan berlangsung pada 23 Januari 2020 ini.

Akan terdapat sejumlah penampilan yang akan ditampilkan dalam perayaan ini. Bagi yang ingin merasakan makanan khas Asia, kamu bisa juga mendapatkannya di perayaan ini.

The University of Warwick – Inggris

Perayaan Imlek di University of Warwick
Sumber: jamsbwong.com

Tiap tahunnya, University of Warwick Chinese Society mengadakan Chinese New Year Gala sebagai bentuk perayaan imlek di universitas ini. Kalau dihitung sampai sekarang, sudah lebih dari enam tahun University of Warwick menyelenggarakan perayaan ini.

Perayaan ini nantinya akan dilaksanakan pada 25 Januari 2020 dan bertempat di Warwick Art Centre.

Ternyata cukup beragam ya, perayaan imlek dari berbagai universitas di luar negeri. Kalau kamu cukup penasaran dengan perayaan imlek di kampusmu, coba deh cari tahu informasinya lewat Chinese Student Association di kampusmu atau sejenisnya.

Kamu juga bisa membaca bagaimana tradisi natal berlangsung di beberapa universitas di dunia.

For Your Information

Apakah ada perayaan imlek di luar negeri?

Tentu saja perayaan imlek di luar negeri ada dan bisa kamu hadiri.

Apakah kampus-kampus di luar negeri merayakan Imlek?

Meski tidak didominasi oleh mahasiswa beretnis Tionghoa, sejumlah universitas di berbagai belahan dunia mengadakan perayaan imlek.

Universitas mana sajakah yang mengadakan perayaan imlek?

Kalau kamu penasaran, coba baca artikel ini untuk cari tahu lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Coventry?