fbpx

Rekomendasi Buku untuk Kawan Rantau Juni 2020

Bulan Mei akan segera berakhir dan sekarang saatnya kita menyambut bulan Juni. Masih dengan kondisi di tengah kebijakan pembatasan sosial, maka kali ini kami hadir kembali untuk memberikan sejumlah rekomendasi buku yang cocok untuk kamu baca pulan Juni 2020.

Apakah kamu penasaran buku apa saja yang kami rekomendasikan? Baca rekomendasi kami di bawah ini.

How to Read Nonfiction Like a Professor – Thomas C. Foster

Sumber: harpercollins.com

Kita hidup ketika informasi dapat diakses dengan sangat cepaat. Akan tetapi, tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya. Banyak berita palsu yang tersebar dan membuat kita tidak tahu mana berita yang sebenarnya.

Melalui How to Read Nonfiction Like a Professor, kamu akan mempelajari strategi untuk membaca berbagai macam jenis bacaan, mulai dari sejarah, biografi, hingga media sosial. Dengan demikian, kamu bisa membaca suatu teks dengan mempertimbangkan bias dari penulis, mempertanyakan klaim yang dibawa, menganalisis argumen, dan berpikir secara kritis. Dengan demikian, kamu bisa menjadi pembaca yang lebih kritis di era informasi seperti ini.

Dare to Fly – Martha McSally

Sumber: harpercollins.com

Bagi Martha McSally, kata menyerah tidak ada dalam kamusnya. Melalui Dare to Fly, Martha McSally menceritakan upayanya untuk menjadi penerbang perempuan pertama dalam sejarah Amerika Serikat. Selama dua puluh enam tahun masa karir militernya, McSally telah ikut bertugas di Timur-Tengah dan lainnya.

Hingga sekarang, McSally terus mengabdi dengan menjadi perwakilan di House of Representative, hingga senator Amerika Serikat dari Arizona.

McSally menekankan bahwa keberanian bukanlah keajaiban atau genetik. Ia adalah pilihan. Dengan memilih tidak takut pada suatu hal, maka kamu akan menemukan kekuatamu sendiri.

The Boy Who Followed His Father into Auschwitz – Jeremy Dronfield

Sumber: harpercollins.com

Salah satu novel yang mengisahkan cerita tentang keluarga dan survival.

Pada tahun 1939, Gustav Kleinman, seorang penganut Yahudi dari Wina, bersama dengan putranya Fritz, ditangkap oleh Gestapo dan dikirim ke Jerman. Disandera di kamp konstreasi Buchenwald, mereka secara ajaib berhasil bertahan dari brutalitas Nazi.

Kemudian, Gustav menyadari bahwa dirinya akan dikirim ke Auschwitz. Bagi Fritz, membiarkan ayahnya pergi ke Auschwitz bukanlah hal yang tepat. Maka dari itu, ia pun memaksa untuk tetap pergi. Selama enam tahun, keduanya menyaksikan dan merasakan penderitaan sebagai korban di kamp tersebut.

Kisah ini dibuat berdasarkan diari yang dibuat oleh Gustav dan sejumlah wawancara pada anggota keluarga Kleinmann. Pada akhirnya, kisah ini menjadi kisah nyata yang menyentuh dan tidak terlupakan.

Demikian rekomendasi buku dari kami untuk bulan Juni 2020, Kawan Rantau. Well, kalau kamu butuh bacaan fiksi, maka kamu bisa memilih novel karangan Jeremy Dornfield di atas.

Selamat membaca, Kawan Rantau!

Kamu juga bisa membaca rekomendasi buku kami lainnya di sini.

For Your Information

Apa saja rekomendasi buku untuk bulan Juni 2020?

Kamu bisa menemukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Apakah ada karya fiksi yang bisa saya baca untuk bulan Juni 2020?

Ada, Kawan Rantau. Kali ini, Jeremy Dornfield akan menceritakan kisah para penyintas korban kamp konstreasi Jerman pada masa Perang Dunia.

Ingin mengetahui cerita lain di Vienna?