fbpx

Rekomendasi Buku untuk Kawan Rantau Agustus 2020

Tidak terasa, bulan Juli akan segera berakhir dan Agustus akan segera datang. Nah, untuk menemani masa normal baru, kali ini kami hadir untuk memberikan rekomendasi buku untuk bulan Agustus 2020, Kawan Rantau. Kira-kira, buku apa saja yang akan terbit pada bulan Agustus ini? Mari simak pembahasan kami berikut ini.

Caste: The Origins of Our Discontents – Isabel Wilkerson

Sumber: goodreads.com

Pemenang dari Penghargaan Pulitzer, Isabel Wilkerson kembali hadir dengan membahas sistem kasta yang tak pernah dibicarakan di Amerika. Nyatanya, sistem kasta tersebut telah membentuk Amerika Sekarang dan menunjukkan ada hierarki pembagian manusia.

Pada dasarnya, hierarki kasta bukan sekadar tentang perasaan atau moralitas. Akan tetapi, lebih kepada tentang power yang dimiliki oleh sejumlah kelompok tertentu.

Melalui buku ini, Wilkerson akan membahas bagaimana sistem kasta mempengaruhi cara hidup manusia, dan bahkan nasib bangsa. Dengan menghubungkan sistem kasta yang ada di Amerika dengan India dan Nazi, Jerman, Wilkerson mendalami delapan pilar yang menggarisbawahi sistem kasta di berbagai peradaban, mulai dari hubungan darah, stigma, dan lainnya.

Kekasih Musim Gugur – Laksmi Pamuntjak

Sumber: goodreads.com

Kalau kamu mencintai kisah-kisah yang dituliskan oleh Laksmi Pamuntjak, maka kamu harus membaca Kekasih Musim Gugur. Novel satu ini mengisahkan dua perempuan, Srikandi (Siri) dan Dara. Yang satu merupakan seorang seniman kosmopolitan, yang satunya lagi seorang aktivis politik.

Dalam novel ini, kamu akan menemukan bagaimana Siri harus bergulat dengan realita kehidupannya yang pedih serta kompleksnya isu seni rupa, politik, dan sejarah yang melingkupinya.

Kisah Siri tentu saja dekat dengan kisah Amba dan Bhisma dari novel pertama karangan Laksmi. Yap, karena Siri digambarkan sebagai anak dari Amba dan Bhisma.

Tales of Two Planets: Stories of Climate Change and Inequality in a Divided World – John Freeman

Sumber: goodreads.com

Melalui buku ini, John Freeman mengajak sejumlah penulis besar dari berbagai tempat dunia untuk membantu kita memahami bagaimana krisis lingkungan dapat berdampak pada komunitas paling rentan di dunia.

Buku ini bukanlah antologi biasa. Kamu bisa menemukan puisi bernapaskan distopia oleh Margaret Atwood, cerita-cerita dari Lauren Groff dari Florida, Tahmima Anam dari Bangladesh, hingga Eka Kurniawan dari Indonesia.

Dengan demikian, kamu bisa menemukan kumpulan karya berupa fiksi, esai, puisi, maupun hasil reportase mengenai krisis perubahan iklim di dunia melalui buku ini.

Talking Animals: A Novel – Joni Murphy

Sumber: goodreads.com

Melalui Talking Animals, John Murphy menghadirkan sebuah alegori totalitarianisme yang mirip dengan Animal Farm dari George Orwell. 

Dapat dibilang, Talking Animals merupakan bentuk fabel modern yang diambil dari berbagai kehidupan binatang di seluruh dunia. Di New York, kamu bisa menemukan beruang yang bekerja di Wall Street, seekor lemur yang menyeduh espresso, ataupun kuda pacu yang berperan sebagai gubernur.

Kemudian, kamu juga bisa menemukan Alfonzo di alpaca dan Mitchell seekor Llama yang memiliki passion di bidang musik dan politik bawah tanah. Bagaimanakah bentuk fabel ini sebenarnya? Bacalah buku ini untuk tahu lebih lengkapnya.

The Lions of Fifth Avenue – Fiona Davis

Sumber: goodreads.com

Apabila kamu menyukai perpustakaan, literatur, dan juga feminisme, maka sangatlah cocok apabila kamu memilih The Lions of Fifth Avenue sebagai bacaanmu pada bulan Agustus ini.

Pada tahun 1913, Laura Lyons bersama suaminya tinggal di apartemen dari penjaga New York Public Library. Meskipun keluarga Laura termasuk keluarga yang bahagia, ia menginginkan suatu hal yang lebih dalam hidupnya. Maka dari itu, Laura bergabung dalam kelompok pejuang hak perempuan radikal dan mulai mempelajari jurnalisme. 

Kemudian, tiba-tiba saja, salah satu koleksi terpenting dari NYPL menghilang. Apakah keluarga Laura bertanggung jawab untuk kejadian ini? 

Jadi, itulah daftar rekomendasi buku untuk bulan Agustus 2020 ini, Kawan Rantau. Apakah kamu memiliki buku bacaan yang ingin kamu baca selanjutnya?

Baca juga rekomendasi buku tentang multikulturalisme yang bisa kamu pelajari.

For Your Information

Apa saja bacaan menarik untuk bulan Agustus 2020?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini, Kawan Rantau.

Apakah ada karya non fiksi yang bisa saya baca?

Ada. Salah satunya antologi dari John Freeman yang membahas perubahan iklim. Kamu bisa menemukan tulisan dari Margaret Atwood dan juga Eka Kurniawan di dalamnya.

Ingin mengetahui cerita lain di New York?