fbpx

Rekomendasi Buku Bagi yang Ingin Mempelajari Ekonomi dari Awal

Salah satu jurusan yang masih menjadi primadona adalah ekonomi, beserta turunannya. Maka dari itu, mempelajari ekonomi dari awal akan sangat menyenangkan. Tentunya, hal ini akan membantu kamu memahami dasar-dasar ilmu ekonomi yang kamu butuhkan nantinya. Berikut rekomendasi kami mengenai buku-buku ekonomi yang cocok bagi para pemula.

Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of Everything – Steven D. Levitt, Stephen J. Dubner

Sumber: Goodreads.com

Freakonomics bukan sekadar buku teks ekonomi biasa. Melalui buku ini, Steven D. Levitt dan Stephen J Dubner menjelaskan berbagai kajian mikroekonomi untuk pembaca biasa. Setiap bab menjelaskan satu kasus menggunakan metodologi penelitian ekonomi, seperti mengapa seorang drug dealers masih tinggal bersama dengan ibunya.

Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami peran dari insentif dari sekian banyak aspek dalam mikroekonomi. Mikroekonomi menjadi salah satu unsur penting yang dipelajari dalam ekonomi. Tak heran apabila banyak sekali kasus yang digunakan dalam buku ini menyasar aspek tersebut.

Grand Pursuit: A History of Economic Genius – Sylvia Nasar

Sumber: Goodreads.com

Dalam buku ini, Sylvia Nasar mengenalkan pembaca dengan para ekonom dunia, mulai dari Karl Marx hingga Milton Friedman. Sylvia berupaya menggambarkan bagaimana kehidupan mereka hingga pembentukan gagasan mereka.

Pada intinya, buku ini memaparkan bagaimana ekonomi modern dapat hadir dan bagaimana ekonomi telah menolong manusia dalam menghadapi krisis. Konteks historis di dalam buku ini juga tidak dapat sepenuhnya diabaikan.

What Would the Great Economists Do?: How Twelve Brilliant Minds Would Solve Today’s Biggest Problems – Linda Yueh

Sumber: goodreads.com

Dalam What Would the Great Economists Do?, Linda Yueh mengenalkan pembaca pada gagasan-gagasan ekonomi yang telah mengubah dunia. Melalui buku ini pula, Linda mengenalkan pembaca pada makroekonomi.

Hampir sama dengan Grand Pursuit, Linda juga mengenalkan pembaca dengan kehidupan para ekonom dunia dan menjelaskan gagasan-gagasan yang mereka miliki. Dalam buku ini, Linda berupaya untuk melingkupi sejarah selama 250 tahun, mulai revolusi industri pada abad ke-18, hingga bagaimana teknologi dan dunia digital mempengaruhi kehidupan pada abad ke-21.

Poor Economics: A Radical Rethinking of the Way to Fight Global Poverty – Abhijit V. Banerjee, Esther Duflo

Sumber: Goodreads.com

Bagaimana para warga miskin bisa ditolong oleh mereka yang kaya? Pertanyaan ini menjadi pertanyaan yang mendasar dalam ilmu ekonomi. Dalam Poor Economics, Abhijit Banerjee dan Esther Duflo menjelaskan mengenai hasil dari randomised control trials yang berupaya membongkar bagaimana kebijakan memberantas kemiskinan yang diterapkan.

Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami bagaimana kehidupan orang yang masuk dalam kategori miskin dan bagaimana cara memberdayakan mereka.

The Economics Book – Niall Kishtainy

Seri Big Ideas Simply Explained merupakan media yang tepat bagi pembaca untuk memahami suatu topik secara mendalam dari awal. The Economics Book menjadi salah satu buku dalam seri ini. Dengan membaca buku ini, pembaca diajak memahami bagaimana ekonomi dapat berdampak pada seluruk aspek dalam kehidupan.

Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik, buku ini menjadi buku untuk mengenal ekonomi dengan ringan.

Dengan demikian, lengkap sudah rekomendasi kami mengenai buku-buku ekonomi yang bisa kamu baca sebagai pemula. Semoga bermanfaat dan membantu kamu mendalami ilmu yang satu ini ya, Kawan Rantau.

Sign-up untuk info kehidupan di luar negeri lainnya!

* indicates required

Kamu juga bisa membaca tentang rekomendasi buku filsafat berikut ini.

For Your Information

Mengapa ekonomi masih menjadi bidang yang diminati?

Tidak dapat dipungkiri bahwa ekonomi merupakan salah satu bidang yang mempengaruhi seluruh aspek dalam kehidupan kita. Maka dari itu, bidang yang satu ini masih menjadi primadona.

Bagaimana cara saya mempelajari ekonomi dari awal?

Mengenal para ekonom dunia beserta dengan gagasan mereka dapat menjadi salah satu cara.

Apa saja bacaan ekonomi yang cocok bagi seorang pemula?

Bacalah artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.