fbpx

Puasa Tetap Lancar Saat Jalani Lockdown di Luar Negeri

Bulan Ramadan telah tiba. Umat Muslim pun diwajibkan untuk berpuasa. Namun, puasa pada tahun ini tampaknya agak berbeda dengan puasa pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini wabah Covid-19 terjadi di hampir seluruh belahan dunia. Beberapa negara pun sudah menerapkan kebijakan lockdown selama beberapa waktu. Karena itu, Anak Rantau merangkum beberapa tips agar puasa tetap lancar saat jalani lockdown di luar negeri.

Cek jadwal puasa di negara tujuan

Cek jadwal puasa di negara tujuan
Sumber: https://unsplash.com/@mostafa_meraji

Waktu sahur dan berbuka puasa di setiap negara tentu berbeda-beda. Misalnya, waktu berpuasa di Inggris kurang lebih 18 jam, sementara di Argentina hanya 10 jam. Untuk itu, kamu harus benar-benar mengetahui lama tidaknya waktu berpuasa sehingga kamu bisa mempersiapkan diri.

Kamu dapat menemukan informasi jadwal puasa melalui aplikasi ponsel, seperti HalalTrip atau Muslim Pro yang tersedia di iOS dan Android.

Masak hidangan berbuka sendiri

Memasak hidangan untuk berbuka puasa
Sumber: https://unsplash.com/@maxdelsid

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kamu dapat memasak hidangan berbuka puasa kamu sendiri untuk menjaga kehigienisan makanan. Selain itu, dengan memasak hidangan berbuka sendiri, kamu juga bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Untuk itu, kamu perlu menemukan restoran atau toko bahan makanan yang menjual produk-produk halal.

Konsumsi makanan kaya karbohidrat, serat, dan protein

Makanan yang sehat selama puasa
Sumber: https://unsplash.com/@hermez777

Persiapkan dirimu selama berpuasa. Pastikan kamu memiliki stok makanan bergizi yang kaya karbohidrat, serat, dan protein selama berpuasa untuk menambah stamina dan energimu selama berpuasa berjam-jam.

Selain itu, jangan lupa minum air putih yang banyak. Usahakan kamu tetap minum air putih sebanyak 2,5 sampai dengan 3 liter setiap hari agar kebutuhan cairan dalam tubuhmu tetap terpenuhi. Hindari mengonsumsi minuman bersoda dan terlalu manis. Kedua minuman ini dapat menurunkan stamina serta memicu kantuk.

Jalankan ibadah dan tarawih di tempat tinggal

Menjalankan ibadah tarawih di rumah
Sumber: https://unsplash.com/@jeremyyappy

Pada masa pandemi Covid-19 ini, sebaiknya kamu menunda keinginan untuk salat berjamaah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski begitu, kamu tetap dapat menjalankan tarawih di tempat tinggal atau apartemen masing-masing.

Dengan begitu, kamu tetap bisa merasakan berkah di bulan Ramadan dengan menjalankan ibadah puasa secara sungguh-sungguh.

Lengkapi nutrisi dengan multivitamin

Vitamin selama berpuasa
Sumber: https://unsplash.com/@laurynasm

Asupan gizi bagi kamu yang tengah berpuasa seharusnya sama dengan anjuran gizi seimbang. Namun, saat berpuasa, kamu mungkin saja mengalami dehidrasi dan kekurangan mikronutrien.

Hindari makanan yang bersifat proinflamasi, seperti makanan yang mengandung gula atau minyak jenuh. Bila sulit memenuhi pola makan seimbang, kamu dapat melengkapi nutrisi harianmu dengan suplemen multi-vitamin.

Itu dia tips dari kami supaya puasa tetap lancar saat jalani lockdown di luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel tentang mencegah lemas saat puasa di negara 4 musim.

Meski pergerakan kita jadi terbatas karena pandemi Covid-19, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak beraktivitas dari rumah, ya! Gunakan momen ini supaya puasa kamu di bulan yang suci ini tetap produktif dan penuh keberkahan. Stay safe, Kawan Rantau!

For Your Information

Apa saja yang perlu dilakukan selama berpuasa di luar negeri saat lockdown akibat Covid-19?

Kamu perlu mengecek jadwal puasa di negara tujuan, memasak hidangan berbuka sendiri, konsumsi makanan dengan gizi seimbang, menjalankan tarawih di tempat tinggal, dan melengkapi kebutuhan nutrisi dengan multivitamin.

Bagaimana supaya puasa di luar negeri tetap lancar selama pandemi Covid-19?

Untuk mendapatkan penjelasan seputar tips puasa di luar negeri selama pandemi Covid-19, baca artikel selengkapnya di situs Anak Rantau, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?