fbpx

Program Management Trainee untuk Menuju Karir yang Sukses

Halo, Kawan Rantau! Tentu kamu sudah sering bukan mendengar istilah program Management Trainee atau MT? Yap, jalur yang satu ini memang cukup populer bagi para lulusan baru. Apalagi, bagi yang ingin mencobe berkarir di bidang baru, maka program Management Trainee sangatlah cocok untukmu.

Apa itu program Management Trainee?

Sumber: ecophon.com

Dilansir dari laman L’Oreal Indonesia, program management trainee merupakan program percepatan karir bagi lulusan muda yang kreatif supaya siap menghadapi tantangan di dunia karir. Nantinya, para peserta MT akan diajak menyelami bisnis perusahaan dengan berbagai pelatihan yang disediakan.

Pelatihan tersebut nantinya tidak hanya untuk satu fungsi saja, tapi untuk berbagai fungsi yang ada. Dengan demikian, peserta MT bisa merasakan pengalaman di berbagai bagian perusahaan, mulai dari fungsi pemasaran, keuangan, komunikasi, penelitian dan pengembangan, hingga sumber daya manusia.

Pada dasarnya, melalui program MT, seseorang akan diberi kesempatan untuk mengembangkan dan meningkatkan dirinya dalam bidang pekerjaan. Setidaknya, hal inilah yang disampaikan oleh Grab dalam program MT yang mereka canangkan.

Apa yang dipelajari selama menjalani program?

Sumber: monster.com

Berhubung program MT ini merupakan salah satu program pengembangan diri, maka apa yang dipelajari oleh peserta MT atau trainee tidak akan jauh-jauh dari hal tersebut. Selama satu atau dua tahun program berjalan–durasi program tergantung dari pihak masing-masing, kamu akan diajarkan berbagai skill atau kemampuan yang kamu butuhkan nanti ketika bekerja.

Selain itu, kamu akan terus ditantang dengan berbagai macam skema tantangan di berbagai bidang. Tentu bidang bisnis menjadi bidang utama yang akan kamu dalami lebih lanjut.

Siapa yang bisa mendaftar program MT?

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka biasanya program MT ditujukan bagi lulusan baru dari semua jurusan. Bagaimana kalau saya sudah pernah bekerja? Beberapa perusahaan, seperti Nestle, memberikan toleransi bagi mereka yang pernah bekerja selama 1-2 tahun untuk tetap bisa mendaftar program MT yang mereka buat.

Meski dinyatakan bahwa program MT ditujukan untuk semua jurusan, nyatanya akan ada jenis-jenis program MT yang disediakan. Beberapa perusahaan membagi program tersebut menjadi MT Finance, MT Supply Chain, MT Procurement, MT Legal & Corporate Affairs, MT Human Resource, dan lainnya. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai hal ini di situs resmi masing-masing perusahaan.

Apa syarat mendaftar program MT?

Sumber: news.wisc.edu

Untuk mendaftar program MT, tidak hanya kemampuan di bidang akademis saja yang akan dinilai. Bidang kepemimpinan menjadi salah satu bidang yang juga akan dipertimbangkan.

Apabila selama berkuliah kamu memiliki pengalaman esktrakurikuler atau organisasi, maka peluang kamu akan menjadi semakin besar. Aktif dalam organisasi mahasiswa, kepanitiaan, dan juga kegiatan sosial dapat mengantarkan kamu mendapatkan posisi dalam program ini.

Selain itu, kamu juga harus memiliki minat untuk berkarir di bidang perusahaan yang kamu tuju. Sebagai contoh untuk Nestle maka ada di bidang Food & Beverage dan Grab untuk bidang transportasi.

Bagaimana proses seleksi untuk program MT?

Sumber: nzpe.co.nz

Tentu setiap perusahaan memiliki proses yang berbeda-beda. Akan tetapi, proses tersebut tidak akan jauh-jauh dari seleksi administrasi, wawancara awal, diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion), tes psikotes atau kepribadian, wawancara dengan HR, wawancara akhir (wawancara user), tes kesehatan, dan berakhir dengan penawaran pekerjaan.

Durasi dari masing-masing proses pun beragam. Mulai dari 5 bulan hingga lebih. Hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan.

Berapa gaji dari management trainee?

Gaji untuk para peserta management trainee cukuplah besar, Kawan Rantau. Meskipun banyak sekali pelatihan yang kamu jalani, kamu tetap mendapatkan gaji penuh. Tak heran apabila gaji para trainee bisa lebih tinggi dari para fresh graduate di perusahaan lanin.

Biasanya, rata-rata gaji bagi para trainee akan setara dengan UMR, bahkan bisa lebih. Jadi, kisaran gaji para trainee adalah 4 juta hingga 10 juta di beberapa perusahaan. Akan tetapi, berdasarkan data yang dihimpun oleh Indeed, rata-rata gaji bagi management trainee di Indonesia berada pada kisaran Rp4.404.9992,- per bulan.

Demikian penjelasan sekilas mengenai program Management Trainee. Tentu program yang satu ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Penasaran dengan hal tersebut? Tunggu ulasan kami selanjutnya.

Baca juga cara mulai menata karir di NGO versi Anak Rantau.

For Your Information

Apa itu program Management Trainee?

Program management trainee merupakan program percepatan karir bagi lulusan muda yang kreatif supaya siap menghadapi tantangan di dunia karir. Program ini menjadi salah satu program perekrutan karyawan yang efektif.

Apa saja yang akan saya dapatkan selama program Management Trainee?

Tentunya, kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman sebagai modal kamu mengembangkan diri.

Apa persyaratan untuk mengikuti program management trainee?

Baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?