6 Pilihan Part Time di Luar Negeri untuk Mahasiswa Rantau

Kuliah di luar negeri belum tentu terlihat mewah layaknya yang dipancarkan melalui sosial media. Mahasiswa asing harus bergerumul dengan segala upaya untuk bertahan hidup, salah satunya mencari kerja sambilan. Pada kenyataannya, mencari kerja part time yang cocok untuk mahasiswa terbilang susah-susah gampang. Selain berbenturan dengan passion, mereka juga harus memperhatikan kebijakan suatu negara terhadap mahasiswa kelas karyawan. Jangan sampai menjadi pekerja ilegal, ya!

Bekerja sambilan atau part time tidak dapat disepelekan begitu saja manfaatnya. Jika kamu merasa kesulitan membagi waktu antara bekerja dan kuliah, maka pilihlah jenis pekerjaan yang ringan saja, seperti pekerja lepas. Kamu hanya perlu bekerja minimal 4 jam sehari sehingga tetap fokus pada tujuan utama yaitu menuntut ilmu di perguruan tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak dulu yuk artikel berikut ini!

1. Pramusaji

Sumber: Pexels

Pramusaji dapat menjadi pilihan kamu karena restoran seringkali membuka lowongan sebagai freelancer dan pekerja part time. Meskipun begitu, pekerjaan ini jangan disepelekan karena membutuhkan keahlian sosial dan penyajian makanan yang baik, apalagi jika sedang jam sibuk. Para pemilik restoran pun tidak main-main mempekerjakan freelancer. Mereka ingin seluruh karyawannya tampil dengan performa baik demi pelayanan yang memuaskan.

2. Penjaga Toko

Leominster Shop Keepers

Pekerjaan yang satu ini juga dapat menjadi pilihan jika ingin kuliah sambil bekerja. Menjadi penjaga toko dapat dilakukan secara paruh waktu dan bergantian dengan temanmu yang lain. Level kesulitan tugasnya tergantung dari setiap toko. Ada yang sampai terlibat dalam quality control barang, ada pula yang hanya menjaga kasir.

3. Pengasuh Hewan Peliharaan

Sumber: Pexels

Penjaga hewan seringkali dibutuhkan pet shop karena banyak orang yang mencari jasa penitipan hewan. Seringkali pemilik hewan bingung jika hendak pergi liburan karena tidak tega meninggalkan peliharaan kesayangannya sendirian di rumah. Nah, kamu dapat bertugas menjaga harta berharga sebagai pengasuh hewan peliharaan. Di negara seperti Rusia, pekerjaan ini terbilang bergengsi karena gajinya lumayan tinggi dan cukup untuk menghidupimu sebagai anak rantau.

4. Asisten Dosen / Objek Penelitian

Sumber: VOA Indonesia

Universitas di luar negeri juga membuka lowongan sebagai asisten dosen. Selain mendapatkan upah, kamu juga dapat memperluas koneksi melalui dosenmu. Lalu, kamu juga dapat mengakses situs jurnal rekomendasi dari dosen sehingga kamu semakin kaya ilmu. Pun, kamu juga akan diberikan honor tambahan jika dosen melibatkan asistennya dalam projek penelitian.

5. Barista

Sumber: Pexels

Barista saat ini dipandang sebagai pekerjaan yang seksi dan mewah. Bagi kamu yang mengetahui seluk beluk biji kopi, maka cobalah melamar sebagai part timer barista. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian seni dalam membuat kopi. Dari sini kamu dapat belajar cara menyajikan kopi. Siapa tahu jika terus digeluti, kamu dapat mengikuti sertifikasi barista dan menjadi ahli kopi.

6. Content Creator

Sumber: Pexels

Kelebihan kuliah di luar negeri ialah melihat pemandangan dan budaya yang berbeda dari tanah air. Kuliah di luar negeri merupakan kesempatan emas untuk belajar memperluas cakrawala pola pikir. Tuangkan segala yang kamu lihat melalui tulisan atau video untuk menambah portofolio. Di samping itu, kamu dapat menghadirkan beragam konten berkualitas seperti yang dilakukan oleh Jerome Polin dan Gita Savitri. Lebih bagus lagi jika kontenmu viral, namun mengedukasi masyarakat.

Demikian 6 Pilihan Part Time bagi Mahasiswa Rantau. Bagaimana, apakah kamu tertarik mencobanya? Teruslah berburu informasi sebab lowongan di atas banyak tersebar di manapun. Sampai di sini dulu artikel kali ini,ya! Jangan patah semangat dalam menghadapi problematika anak rantau di luar negeri!