fbpx

Perubahan Tradisi Lebaran di Tengah Pandemi COVID-19

Tahun 2020 menjadi begitu berbeda bagi kaum muslim. Menjalani ibadah puasa di tengah pandemi COVID-19 memang tidaklah mudah. Sejumlah tradisi saat puasa pun tidak bisa dilakukan. Hal ini juga otomatis berdampak pada perayaan lebran. Berikut sejumlah perubahan tradisi lebaran di tengah pandemi COVID-19.

Arab Saudi: Kota suci Makkah tetap ditutup

Lebaran di tengah COVID-19 - kota suci Makkah ditutup
Sumber: english.alarabiya.net

Pemerintah Arab Saudi menerapkan kebijakan lockdown selama hari raya Idul Fitri. Pemberlakuan kebijakan ini dimulai dari tanggal 23 Mei hingga 27 Mei.

Hingga saat itu, pusat perbelanjaan dan bisnis bisa tetap buka dari pukul 09.00 hingga 17.00. Akan tetapi, untuk kota Makkah, kebijakan lockdown dilaksanakan secara penuh. Pada saat bulan Ramadan sendiri, tidak ada pelaksanaan salat tarawih di Masjidil Haram. Tentunya, pelaksanaan salat Idul Fitri pun kemungkinan juga tidak bisa dilaksanakan.

Indonesia: Pelarangan mudik dan penutupan Masjid Istiqlal

Lebaran di tengah COVID-19 - pelarangan mudik
Sumber: mediaindonesia.com

Bagi kamu yang biasa pulang ke rumah saat lebaran, maka tahun ini hal tersebut tidak bisa kamu lakukan. Pihak pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk mudik bagi para warga Indonesia. Hal ini menyusul kekhawatiran akan semakin parahnya penyebaran COVID-19 apabila tidak ada pelarangan mudik.

Kemudian, Masjid Istiqlal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara telah dipastikan tidak akan mengadakan salat Idul Fitri. Hal ini disampaikan langsung oleh Abu Hurairah selaku humas dari Masjid Istiqlal.

Pada akhirnya, di sebagian besar negara, para umat muslim tidak akan bisa merayakan lebaran seperti biasa. Larangan penerbangan membuat mereka tidak bisa bepergian untuk bertemu kawan atau keluarga. Kemudian, pelaksanaan salat Idul Fitri pun tidak bisa dilakukan.

Sedangkan, untuk sejumlah ibadah telah dilaksanakan secara daring. Hal ini tentu sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. Pada akhirnya, tradisi lebaran di tengah pandemi COVID-19 akan sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga tips lancar puasa selama masa lockdown di luar negeri.

For Your Information

Bagaimana dampak COVID-19 terhadap bulan puasa?

Sejumlah tradisi selama bulan puasa tidak dapat dilakukan.

Apa saja yang berubah pada tradisi lebaran tahun 2020?

Baca penjelasannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Jakarta?