fbpx

Perbedaan Perayaan Idul Adha 2020 di Tengah Pandemi COVID-19

Setelah hari raya Idul Fitri berlalu, maka sekarang tibalah perayaan Idul Adha atau yang juga disebut sebagai lebaran haji. Tentu akibat COVID-19, perayaan Idul Adha 2020 akan terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bagaimanapun, berbagai kebijakan untuk melakukan penjarakan fisik dan sosial masih terus digalakkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Inggris, ibadah di rumah

Sumber: mcb.org.uk

Dewan Muslim Inggris atau Muslim Council of Britain (MCB) menyarankan supaya para jamaah melakukan salat di luar ruangan. Sama dengan Idul Fitri, maka perayaan dari Idul Adha dimulai dengan salat bersama-sama di pagi hari. Kalaupun dilaksanakan di dalam ruangan, maka harus ada pembagian waktu salat supaya jamaah tidak saling berdesakan.

Kemudian, pelaksanaan waktu salat harus diatur sedemikian rupa. Penyampaian khutbah disarankan harus dibuat dalam waktu singkat. Sebagai tambahan, MCB juga menghimbau supaya para jamaah untuk tidak berpelukan dan berjabat tangan setelah selesai beribadah.

Sebagian besar perayaan dari Idul Adha terdiri dari berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbagai makanan. MCB menyarankan supaya pertemuan tersebut dibuat seminimal mungkin dan diusahakan dilakukan di luar ruangan.

Kanada, pembagian waktu salat

Masjid Jami Toronto. Sumber: jamimosque.com

Sejumlah masjid di Kanada juga memberlakukan panduan yang mirip dengan MCB. Masjid Jami Toronto mendorong supaya umat muslim memesan tempat untuk salat pada waktu yang ditentukan. Hal ini disebabkan oleh upaya pihak masjid untuk membagi waktu salat menjadi delapan kali, dan tempat untuk salat bisa dipesan melalui SMART Jamaat app.

Bagi kamu yang tidak bisa memesan tempat di Masjid Jami Toronto, maka menurut Bosnian Islamic Association (BIA) di Toronto, kamu tetap bisa melaksanakan salat Idul Adha di rumah.

Arab Saudi, membuka masjid kembali

Masjidil Haram. Sumber: ajelen.net

Setelah lebih dari dua bulan masjid-masjid di Arab Saudi ditutup, termasuk pada saat Idul Fitri, kali ini Arab Saudi mengumumkan bahwa salat Idul Adha dapat dilaksanakan di dalam masjid.

Kementerian Agama dari Arab Saudi menyarankan para jamaah untuk tetap mengikuti aturan penjarakan sosial dan membawa sajadah sendiri dari rumah.

Tentu menjalani ibadah Idul Adha pada tahun 2020 ini akan sangat berbeda karena adanya pandemi COVID-19. Dari yang biasanya kita bisa berkumpul dan beribadah bersama dengan keluarga, sekarang ini kita tidak bisa melakukannya seperti biasa. Ada batasan yang berlaku bagi kita.

Kalau kamu sedang berada di luar negeri, maka segera cari tahu perayaan Idul Adha seperti apa yang aman bagi kamu dan kawan-kawan muslim kamu lainnya. Selalu ikuti aturan kesehatan yang ada dan teruslah berhati-hati.

Selamat merayakan hari raya Idul Adha 2020, Kawan Rantau. Baca juga bagaimana COVID-19 mengubah tradisi ramadan di berbagai negara di dunia.

For Your Information

Bagaimana perayaan dari Idul Adha di tengah pandemi?

Tentu akan sangat berbeda, Kawan Rantau. Kebanyakan pelaksanaan salat Idul Adha tidak dapat dilaksanakan dalam satu waktu.

Bagaimana jalannya perayaan Idul Adha di Arab Saudi?

Baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di London?