fbpx

Penganan Khas Hungaria yang Dapat Kamu Temukan di Budapest

Jalan-jalan ke suatu kota tanpa melakukan wisata kuliner pasti enggak akan lengkap rasanya. Nah, apakah kamu berkesempatan untuk jalan-jalan ke salah satu negara di bagian tengah Eropa alias Hungaria? Negara yang terletak di sebelah timur Asutria ini memiliki banyak sekali makanan yang khas dan pastinya menarik untuk dicoba.

Lalu, apa saja makanan yang dapat kamu temukan di Budapest yang notabene adalah ibukota dari Hungaria? Berikut jawabannya.

Goulash

anakrantau-goulash.jpg
Sumber: goodtoknow.co.uk

Goulash merupakan salah satu kuliner Hungaria yang paling terkenal. Awalnya, hidangan ini berasal dari Kerajaan Hungaria di pada abad pertengahan, lho! Nama Goulash sendiri berasal dari gulyás yang berarti gembala.

Cara membuat hidangan ini juga enggak terlalu ribet kok, Anak Rantau. Kamu hanya perlu merebus daging beserta sayur-sayuran seperti wortel dan kentang ke dalam satu kuali. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan paprika dan bumbu-bumbu khas lainnya. Biasanya, daging yang digunakan adalah daging sapi atau babi.

Di Budapest sendiri, kamu bisa mencoba mencici sup gulyás ini di Budapest Bisztró, salah satu restoran yang menyajikan sup legendaris ini.

Lángos

anakrantau-langos.jpg
Sumber: happyfoodstube.com

Kamu sedang dalam masa diet? Coba cheating sebentar dengan memakan Lángos, roti pipih goreng khas Hungaria. Umumnya, adonan Lángos ini terbuat dari air atau susu yang dicampur dengan tepung, ragi, gula, dan garam.  Lángos akan terasa nikmat apabila disantap saat masih hangat. Apalagi kalua ditambahkan dengan krim asam, keju parut, ham dan juga sosi. Hemm. Jadi lapar ya membayangkannya.

Para penjual Lángos dapat kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan di Budapest. Yuk, coba.

Főzelék

anakrantau-fozelek.jpg
Sumber: tastehungary.com

Mungkin, ketika kamu pertama kali melihat hidangan yang satu ini, kamu akan berpikir bahwa Főzelék merupakan sebuah sup. Akan tetapi, katanya sih, lebih tepatya Főzelék adalah rebusan daging dengan kuah yang cukup kental.

Bagi masyarakat Hungaria, Főzelék dikenal sebagai makanan sehat dan tentunya mudah dibuat. Banyak sekaii bahan-bahan yang dapat digunakan dalam membuat Főzelék, mulai dari kentang, kacang ercis, dan juga wortel. Kemudian, bahan-bahan tersebut akan dimasak bersama dengan tepung dan juga krim asam.

Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi untuk mencicipi Főzelék adalah, Főzelékfaló Ételbár. Sebuah bar yang telah berdiri sejak tahun 1997.

Somlói Galuska

anakrantau-somloi-galuska.jpg
Sumber: hungarytoday.hu

Somlói Galuska terkenal sebagai Hungary’s Favorite Cake. Makanan pencuci mulut yang terbuat dari kue spons ini dilapisi oleh krim cokelat. kacang walnut, rum, dan juga krim kocok di atasnya. Ternyata, Anak Rantau, kue yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Kue ini pertama kali dibuat oleh Károly Gollerits, kepala pelayan di Gundel Restaurant pada akhir tahun 1950. Akan tetapi, kue ini dihidangkan pertama kali ke public oleh Béla Szőcs pada tahun 1958.

Tentunya, resep asli dari Somlói Galuska tidak pernah diberitahukan kepada publik. Kue-kue yang dibuat sekarang telah divariasikan sedemikian rupa. Nah, kalau kamu ingin mencoba versi original dari kue yang satu ini, maka kamu wajib banget berkunjung ke Gundel Restaurant.

Jadi, bagaimana? Sudah punya bayangan mau mencicipi penganan apa saja saat berkunjung ke Budapest? Selamat berwisata kuliner, anak rantau!


Ingin mengetahui cerita lain di Budapest?