fbpx

Peluang Menempuh Karir Sebagai Seorang Penerjemah

Dear, Kawan Rantau! Apakah kamu tertarik untuk mempelajari banyak bahasa dan ingin menempuh karir sebagai seorang penerjemah? Secara singkat, pekerjaan dari penerjemah adalah menginterpretasikan atau mengartikan suatu informasi dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai peluang karir sebagai seorang penerjemah.

Apa yang dilakukan oleh penerjemah?

Sumber: unsplash.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pekerjaan dari penerjemah pada dasarnya adalah menginterprestasikan atau mengartikan suatu informasi dari satu bahasa ke bahasa lain. Biasanya, para penerjemah ini memberikan penerjemahan secara tertulis.

Para penerjemah bisa bekerja di berbagai macam industri, mulai dari pemerintahan, bisnis, kesehatan, hingga pendidikan. Bagaimanapun, pada dasarnya seluruh industri yang banyak berhubungan dengan orang lain, membutuhkan keberadaan dari penerjemah.

Kemudian, yang harus digarisbawahi, menjadi seorang penerjemah bukan berarti semuanya terikat dalam hubungan bisnis. Ada juga penerjemah yang bekerja secara lepas. Jadi, mereka bekerja untuk satu agensi tertentu atau secara mandiri. Otomatis, mereka memiliki fleksibilitas lebih saat bekerja.

Bagaimana cara menjadi seorang penerjemah?

Tentu banyak cara untuk menjadi seorang penerjemah. Akan tetapi, satu hal utama yang harus kamu kuasai adalah bahasa di luar bahasa asli kamu. Sebagai contoh, kamu bisa mempelajari bahasa Mandarin, Korea, Perancis, ataupun Inggris.

Akan tetapi, apabila kamu tertarik untuk bekerja di bidang diplomatik, kamu bisa mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa resmi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Beberapa di antaranya adalah Arab, Mandarin, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Bahasa-bahasa ini akan mengantarkanmu pada peluang karir penerjemah yang lebih besar.

Tentunya, memiliki sertifikasi, atau bahkan gelar dalam bahasa tersebut akan sangat membantu kamu untuk menjadi penerjemah yang terpercaya, Kawan Rantau.

Selain memiliki kemampuan bahasa, kamu juga harus familiar dengan sejumlah program komputer untuk menerjemahkan, Kawan Rantau. Biasanya, kamu tidak hanya menerjemahkan tulisan, tapi juga membuat terjemahan transkripsi dari audio yang diberikan. Jadi persiapkan diri kamu ya, Kawan Rantau.

Sumber: un.org

Jurusan yang mendukung

Salah satu jurusan yang dapat membuka peluang kamu untuk menjadi seorang penerjemah adalah modern languages. Sebagai seorang penerjemah, sangat dianjurkan bagi kamu untuk tidak sekadar mengerti bahasa yang digunakan, tapi juga konteks di baliknya.

Maka dari itu, mengambil jurusan modern languages bisa menjadi alternatif kamu untuk berkarir sebagai seorang penerjemah.

Sejumlah universitas terbaik yang dapat kamu pilih untuk mendalami jurusan modern languages adalah sebagai berikut:

  1. Yale University, Amerika Serikat
  2. University of Tokyo, Jepang
  3. Peking University, China
  4. Columbia university, Amerika Serikat
  5. National University of Singapore, Singapura
  6. Seoul National University, Korea Selatan
  7. University College London (UCL), Inggris
  8. Freie Universitaet Berlin, Jerman
  9. Sorbonne University, Perancis
  10. University of Melbourne, Australia

Kebutuhan akan seorang penerjemah pada dasarnya akan terus meningkat, Kawan Rantau. Hal ini disebabkan oleh adanya globalisasi dan juga meningkatnya jumlah industri asing.

Apalagi kalau kita berbicara di Indonesia, industri asing yang masuk ke Indonesia bukan sekadar berasal dari negara berbahasa Inggris, tapi juga China, Jepang, dan juga Korea. Otomatis, peluang karir sebagai penerjemah terus terbuka.

Baca juga program management trainee untuk menuju karir yang sukses.

For Your Information

Apa pekerjaan dari seorang penerjemah?

Secara singkat, pekerjaan dari penerjemah adalah menginterpretasikan atau mengartikan suatu informasi dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Bagaimana cara menjadi seorang penerjemah?

Baca artikel ini untuk mencari tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Beijing?