fbpx

Pekerjaan Impian Mensyaratkan Pengalaman? Begini Cara Mendapatkannya

Ketika kamu mulai mencari pekerjaan, terkadang kamu melihat pekerjaan yang mensyaratkan pengalaman kerja selama satu-dua tahun. Dalam artian, meski kamu mendaftar entry-level job, mereka juga mensyaratkan kamu memiliki pengalaman kerja terkait sebelumnya. Hal ini, tentu saja membuat para pelamar kerja merasa kesulitan untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Akan tetapi, tidak selamanya pekerjaan impian kamu itu menjadi tidak tergapai. Begini cara mendapat pekerjaan impian kamu yang mensyaratkan pengalaman kerja sebelumnya.

Jangan meremehkan kemampuan yang kamu miliki

Cara mendapatkan pekerjaan yang mensyaratkan pengalaman kerja - Jangan meremahkan kemampuan diri
Sumber: http://www.allbusiness.com

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Robert Half, 62% pekerja diterima di pekerjaannya meskipun tidak memenuhi seluruh kualifikasi yang disyaratkan.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu tidak pernah meremehkan kemampuan yang kamu miliki. Tidak ada salahnya kok mendaftar pekerjaan yang tidak semua persyaratannya kamu penuhi. Berdasarkan hasil survei yang sama, 84% perusahaan bersedia untuk memberikan pelatihan bagi kandidat pekerja apabila mereka tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

Maka dari itu, jangan menahan diri apabila kamu tidak memenuhi keseluruhan persyaratan yang ada. Inilah saatnya kamu untuk memberanikan diri untuk mendaftar pekerjaan impianmu.

Manfaatkan pengalaman internship atau volunteer yang kamu miliki

Cara mendapatkan pekerjaan yang mensyaratkan pengalaman kerja - Manfaatkan pengalaman volunteer
Sumber: http://www.wastatepta.org

Ketika kamu diminta untuk memiliki pengalaman kerja, bukan berarti kamu harus memiliki pengalaman kerja secara profesional saja. Kamu bisa memanfaatkan pengalaman yang kamu dapatkan selama menjalani kegiatan internship atau volunteer.

Kegiatan internship yang kamu jalankan selama kuliah bisa membantu kamu mendapatkan skill yang kamu butuhkan. Dalam beberapa kasus, menjalani internship bisa menjadi jalan untuk mendapatkan pekerjaan penuh waktu setelah lulus.

Sedangkan, ketika kamu melakukan volunteer, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai sembari fokus pada hal yang kamu pedulikan. Gunakan waktu kamu menjalani kegiatan volunteer untuk refleksi diri, pekerjaan seperti apa yang kamu inginkan.

Selain itu, ketika kamu menjalani kegiatan volunteer, maka besar sekali kesempatan kamu dalam memperluas jejaring. Nantinya, kamu bisa memanfaatkan jejaring tersebut untuk memulai karir dari awal.

Pada dasarnya, kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu tersebut meskipun kamu barulah lulus dari perkuliahan. Hal tersebut sangat memungkinkan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kamu mempresentasikan diri di depan perusahaan atau institusi yang kamu incar.

Baca juga kiat dan tips sukses jalani wawancara kerja secara daring.

For Your Information

Saya tidak punya pengalaman kerja, apakah saya bisa melamar pekerjaan?

Tentu bisa, Kawan Rantau. Meskipun terkadang ada entry-level job yang mensyaratkan pengalaman kerja, bukan berarti kamu tidak bisa mendaftar di pekerjaan tersebut.

Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan yang mensyaratkan pengalaman sebelumnya?

Temukan jawaban lengkapnya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?