fbpx

Rekomendasi Buku Gender untuk Kamu di Tahun 2020

Mempelajari gender dan seksualitas tentu menjadi sangat penting karena keduanya telah membentuk setiap aspek dalam hidup kita. Sejumlah universitas di dunia juga menyediakan kajian ini sebagai salah satu program studi. Stanford University, University of California at Berkeley, University of Glasgow, dan juga SOAS University of London merupakan beberapa di antara universitas yang menawarkan program studi ini.

Lalu, supaya kamu bisa lebih memahami mengenai kajian gender, berikut kami berikan rekomendasi buku gender untuk kamu di tahun 2020.

Women on Food – Charlotte Druckman

Women on Food. Sumber: goodreads.com

Women on Food merupakan kumpulan esai, wawancara, kuesioner, ilustrasi, dan juga kutipan yang menceritakan berbagai suara perempuan di industri makanan.

Sejumlah jurnalis serta pemikir makanan turut berkontribusi pada buku suntingan Charlotte Druckman ini. Beberapa di antaranya adalah, Soleil Ho, Nigella Lawson, Diana Henry, Carla Hall, dan lainnya.

Dalam buku ini, kamu akan diajak mengeksplorasi berbagai isu mulai dari gerakan #MeToo, bias gender dalam pembagian kerja, serta kurangnya representasi perempuan kulit berwarna dalam kepemimpinan. Selain itu, buku ini juga akan membahas tren budaya dari makanan dan juga wisata serta evolusi dari penulisan makanan beberapa dekade terakhir.

Our Women on the Ground – Zahra Hankir

Our Women on the Ground. Sumber: goodreads.com

Dalam buku ini, Our Women on the Ground: Essays by Arab Women Reporting from the Arab World, 19 jurnalis perempuan asal Arab menceritakan pengalaman mereka saat melakukan liputan. Mereka berupaya membuat sebuah narasi yang cukup berbeda tentang negara asalnya melalui liputan serta foto jurnalistiknya.

Melalui buku ini, para jurnalis tersebut mengungkapkan pelecehan seksual di jalanan yang biasanya terjadi di Kairo hingga ketidakmungkinkan untuk melakukan perjalanan tanpa kerabat laki-laki di Yaman. Sejumlah tantangan memang harus mereka hadapi saat melakukan liputan. Akan tetapi, mereka tetap berani dan berusaha untuk menyediakan perspektif baru ke pada dunia karena sering kali mereka disalahartikan.

Language, Gender, and Sexuality – Scott F. Kiesling

Language, Gender, and Sexuality. Sumber: Goodreads.com

Languange, Gender, and Sexuality: An Introduction merupakan buku pengantar untuk memahami relasi antara bahasa, gender, dan juga seksualitas. Melalui buku ini, kamu akan memahami bahwa pola lingustik dapat menjadi satu hal yang sensitif dalam gender dan seksualitas.

Di dalam buku ini, akan terdapat sejumlah diskusi mengenai identitas trans, non biner, maupun queer; media; dan juga peran dari bahasa.

Ditujukan bagi siswa yang tidak memiliki latar belakang di bidang linguistik maupun gender, buku ini menjadi penting untuk menjadi bahan bacaan orang-orang yang ingin belajar bahasa, gender, dan juga seksualitas untuk pertama kalinya.

Mempelajari gender dan seksualitas tentu bukanlah suatu hal yang sederhana. Banyak aspek yang harus dipahami di dalamnya. Dengan demikian, membaca banyak buku menjadi modal yang penting untukmu. Hal inilah yang mendorong kami menyusun rekomendasi buku gender yang tepat untukmu di tahun 2020.

Kamu bisa juga membaca rekomendasi kami untuk buku-buku sosiologi yang cocok bagi para pemula.

For Your Information

Mengapa penting mempelajari kajian gender?

Karena gender telah menjadi salah satu aspekt terpenting yang membentuk kehidupan kita.

Di manakah saya bisa belajar tentang gender?

Sejumlah universitas di dunia menawarkan program kajian gender yang menarik, contohnya adalah Stanford University dan University of Glasgow.

Buku apa saja yang bisa saya baca untuk mengenal gender?

Kalau kamu ingin mempelajari gender mulai tahun 2020 ini, silakan simak rekomendasi kami dalam artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?