fbpx

Rekomendasi Buku Bagi Kamu yang Ingin Mempelajari Filsafat dari Awal

Mempelajari filsafat tentu harus didukung dengan banyak membaca. Dengan demikian, bagi kamu yang menjadi seorang pemula di bidang ini, ada baiknya membaca lebih banyak buku untuk mengetahui filsafat lebih lanjut. Berikut merupakan rekomendasi kami tentang buku filsafat yang cocok bagi pemula.

Beyond Good and Evil – Friedrich Nietzsche

Sumber: Goodreads.com

Friedrich Nietzsche merupakan seorang pemikir asal Jerman. Melalui Beyond Good and Evil, Nietzsche secara dramatis menolak tradisi pemikiran barat yang berputar pada kebenaran dan Tuhan, serta kebaikan dan keburukan.

Dalam buku ini, Nietzsche mencoba menekankan pentingnya individu untuk dapat memiliki kuasa atas dirinya sendiri.

The Stranger – Albert Camus

Sumber: Goodreads.com

Sebuah novel pendek buatan Albert Camus ini menjadi salah satu novel filsafat terbaik. The Stranger dapat dikatakan mengedepankan paham eksitensialisme di dalamnya. Paham inilah yang menjadi formula utama dalam novel ini.

Dengan membaca novel ini, maka pertanyaan-pertanyaan seperti “apa itu makna kehidupan?” dan “apa yang sebetulnya mendefinisikan kemanusiaan dan membuat seseorang menjadi manusia?” akan berseliweran di pikiranmu.

Pada akhirnya, pertanyaan terakhir yang muncul adalah, “apa artinya menjadi seorang manusia?”. Menarik, bukan?

Leviathan – Thomas Hobbes

Sumber: Goodreads.com

Leviathan karya Thomas Hobbes ini banyak berbicara tentang struktur masyarakat dan juga legitimasi dari pemerintah. Pada akhirnya, buku ini dianggap sebagai contoh pertama yang paling berpengaruh tentang teori kontrak sosial.

Dalam bukunya ini, Hobbes menegaskan bahwa dibutuhkan pemerintah yang kuat untuk menghindari perang antar bangsa.

Discipline and Punish: The Birth of Prison – Michel Foucault

Sumber: Goodreads.com

Apakah kalian pernah berpikir bahwa sistem yang diterapkan di sekolah itu selayaknya hidup di penjara? Kalian sama-sama harus berada pada satu tempat dalam kurun waktu tertentu dan ada pihak-pihak yang mengawasi tingak laku kalian? Dalam Discipline and Punish ini, Foucault menganalisis bagaimana sistem penghukuman Barat di era modern.

Ia menyatakan bahwa pada dasarnya perubahan masyarakat menuju modernitas adalah hasil dari adanya institusi yang mengontrol kita, khususnya dalam hal waktu. Pada akhirnya, akan muncul hubungan antara kedisiplinan dan juga power.

A History of Western Philosophy – Bertrand Russell

Sumber: Goodreads.com

Diterbitkan sejak tahun 1945, A History of Western Philosophy telah menjadi salah satu karya filsafat yang komprehensif dan cerdas. Dalam bukunya ini, Bertrand Russell berupaya untuk membahas filsafat dari bangkitnya Peradaban Yunani Kuno hingga munculnya analisis logis di abad ke-20.

Di dalamnya, kamu bisa membaca sejumlah pemikiran para pemikir filsafat kuno seperti Phytagoras, Heraklitus, Socratos, Plato, Aristoteles, dan lainnya. Kemudian, kamu juga membaca pemikiran dari pemikir filsafat modern seperti Nietzsche, Kant, Hegel, dan juga Marx.

Mempelajari filsafat tentu akan sangat mengasyikkan apabila didampingi dengan bacaan yang menarik. Maka dari itu, rekomendasi buku filsafat bagi pemula yang kami susun ini memang ditujukan untuk mengenalkan pemikiran-pemikiran filsafat dari awal.

Kemudian, apabila kamu ingin mempelajari filsafat, untuk sekarang ini sekolah filsafat terbaik di dunia ada di University of Pittsburgh (Amerika Serikat). Pilihan lainnya adalah University of Oxford (Inggris), The Australian National University (Australia), atau Humboldt-Universitat au Berlin (Jerman).

Untuk rekomendasi buku lainnya, kamu bisa membaca rekomendasi buku gender, sosiologi, maupun antropologi yang telah kami susun sebelumnya.

For Your Information

Apakah penting mempelajari filsafat?

Filsafat merupakan dasar dari seluruh ilmu yang ada di dunia. Tak heran apabila ilmu yang satu ini memiliki peran yang penting untuk dipelajari.

Bagaimana cara saya mempelajari filsafat dari awal?

Membaca. Salah satu langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari filsafat sedari awal adalah dengan membaca.

Apa saja bacaan filsafat yang cocok bagi pemula?

Ada baiknya kamu membaca rekomendasi yang telah kami berikan dalam artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?