fbpx

Novel yang Hadirkan Kisah Manusia di Tengah Pandemi

Halo, Kawan Rantau! Apakah kamu sedang merasa bosan dan butuh bahan bacaan? Di tengah pandemi COVID-19, banyak pula orang yang tertarik untuk membaca kisah-kisah manusia di tengah pandemi dari novel-novel yang ada. Kira-kira, novel apa sajakah yang mengangkat tema pandemi yang menarik untuk dibaca?

Berikut sejumlah novel yang mengakat kisah manusia di tengah pandemi.

The Plague – Albert Camus

Novel kisah pandemi - The Plague
Sumber: goodreads.com

Salah satu novel lama mengenai pandemi adalah The Plague karya Albert Camus. Kala itu, di Oran, sebuah kota pesisir di Afrika Utara, sebuah wabah mulai menyebar. Wabah tersebut perlahan terus menyebar dan memakan korban. Berbagai penderitaan terus hadir karena wabah tersebut.

Menurut Ed Vulliamy, seorang wartawan dari Guardian pada tahun 2015, buku ini bisa menggambarkan dua hal. Pertama, metafora dari kengerian fasisme, dan kedua, gambaran mengenai epidemi kolera di Algeria pada tahun 1849.

The Andromeda Strain – Michael Crichton

Novel kisah pandemi - The Andromeda Strain
Sumber: goodreads.com

Pemerintah Amerika Serikat mendapatkan peringatan dari para ahli biofisika bahwa prosedur sterilisasi bagi pesawat maupun benda yang kembali dari luar angkasa, belumlah cukup menjamin mereka tidak terkontaminasi di luar sana.

Dua tahun kemudian, tujuh belas satelit dikirim ke luar angkas untuk mengumpulkan organisme dan debu untuk dijadikan objek kajian. Satu di antaranya jatuh ke bumi dan mendarat di Arizona. Sejak saat itu, di sebuah kota bernama Piedmont, ditemukan tubuh-tubuh tergelatak tak bernyawa.

Akhirnya, terungkap bahwa sebuah epidemi terjadi dan disebabkan oleh mikroorganisme yang berasal dari luar angkasa. Mikroorganisme tersebut terus berevolusi dan belum pernah ada di sepanjang sejarah manusia.

The Child Garden – Geoff Ryman

Novel kisah pandemi - The Child Garden
Sumber: goodreads,com

Melalui The Child Garden, Geoff Ryman menceritakan masyarakat futuristik yang menggunakan virus untuk menguntungkan manusia. Dalam dunia Ryman, penyakit kanker bisa disembuhkan dengan konsekuensi berkurangnya masa hidup ke depan.

Novel yang satu ini menekankan konsep penyakit, kesehatan, dan juga kematian. Apakah kamu tertarik untuk membacanya?

Blindness – Jose Saramago

Bllindness
Sumber: goodreads.com

Apa yang akan terjadi apabila seluruh penduduk kota tiba-tiba buta? Kira-kira, hal tersebutlah yang menjadi penekanan dalam novel Blindness ini. Ketika hal tersebut betul-betul terjadi, seluruh tatanan di masyarakat menjadi kocar-kacir. Tindakan kriminal pun jadi meningkat.

Yaa, siapa yang bisa bertindak apabila seluruh penduduk menjadi buta? Pada akhirnya, sebuah mekanisme tanpa adanya pemerintahan hadir dan malah menambah panjang penderitaan.

Kita memang tidak perah tahu sampai kapan pandemi COVID-19 akan terus ada. Akan tetapi, kita harus tetap berusaha dan optimis bahwa ada kemungkinan bahwa semuanya akan menjadi lebih banyak. Membaca kisah-kisah di atas bisa menjadi sebuah proses untuk menarik pembelajaran dari apa yang telah terjadi.

Baca juga rekomendasi buku untuk kamu yang ingin mempelajari filsafat dari awal.

For Your Information

Apakah ada novel yang mengisahkan pandemi seperti COVID-19?

Percaya atau tidak, kisah-kisah tersebut ada. Bahan, telah ada sejak abad ke-20.

Apa rekomendasi novel tentang pandemi yang bisa saya baca?

Baca sejumlah rekomendasi yang telah kami susun di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?