fbpx

Mudah Mendapat Pekerjaan? Cakap Berbahasa Inggris Kuncinya

Bahasa Inggris merupakan bahasa bisnis. Dalam dunia yang telah terglobalisasi, yakni ketika pergerakan modal dan barang sudah tak mengenal batas, maka cakap berbahasa Inggris sangatlah penting. Berbagai perusahaan multinasional maupun international non-governmental organization (INGO) membutuhkan pekerja yang cakap berbahasa Inggris.

Mengapa menjadi sangat penting untuk cakap berbahasa Inggris di dunia kerja? Apakah sekadar untuk lancar berkomunikasi? Berikut ulasan kami selengkapnya mengenai manfaat cakap berbahasa Inggris di dunia kerja.

Bahasa Inggris merupakan kunci untuk berkomunikasi

cakap berbahasa Inggris merupakan kunci berkomunikasi
Sumber: unsplash.com

Tidak salah apabila kamu mengatakan bahwa bahasa Inggris merupakan kunci untuk berkomunikasi. Bagaimanapun, bahasa Inggris memang bahasa resmi yang digunakan secara internasional.

Dengan demikian, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dilafalkan di dunia. Secara tertulis pun, bahasa Inggris menduduki posisi pertama.

Maka dari itu, supaya kamu bisa berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, maka kamu harus mampu berbahasa Inggris secara aktif.

Bahasa Inggris adalah bahasa internet

Sumber: unsplash.com

Bagi kamu yang ingin bekerja di bidang teknologi, maka kamu harus bisa menguasai bahasa Inggris. Dapat dikatakan bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di bidang teknologi.

Kemudian, salah satu poin tambah bagi kamu ketika mencari pekerjaan adalah, kamu harus menjadi seorang yang tech-savvy. Dengan menjadi seorang yang cakap dalam teknologi, maka kamu harus memahami bahasa yang digunakan, bukan? Otomatis, memahami teknologi dengan bahasa Inggris menjadi penting.

Membuka kesempatan untuk bertualang ke luar negeri

cakap berbahasa Inggris membuka kesempatan untuk bertualang ke luar negeri
Sumber: lenspure.com

Apabila kamu selalu bermimpin untuk bekerja pada perusahaan multinasional, atau pekerjaan lainnya yang membutuhkan bepergian ke luar negeri, maka mampu berbahasa Inggris menjadi penting. Kamu akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Kamu tidak ingin tersesat dan tak bisa meminta bantuan di negeri orang, bukan? Maka dari itu, kamu harus terus mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu agar bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Menjadi nilai tambah saat seleksi kerja

cakap berbahasa Inggris menjadi nilai tambah saat seleksi kerja
Sumber: teachermagazine.com

Ketika kamu melamar pekerjaan, sejumlah perusahaan biasanya menyatakan bahwa memiliki kemampuan berbahasa Inggris bisa menjadi nilai tambah. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa dalam bekerja, kamu tidak sekadar berkomunikasi dengan katakanlah orang Indonesia saja.

Bisa saja ternyata kamu harus berkomunikasi dengan kantor cabang lainnya di luar negeri. Tentu kamu tidak bisa mengharapkan bahwa orang-orang yang bekerja di sana merupakan orang Indonesia, bukan?

Kemudian, apabila kamu tertarik untuk mengikuti program management trainee, maka mengasah kemampuan berbahasa Inggris akan menjadi keuntungan bagimu. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cakap berbahasa Inggris bisa menjadi nilai tambah dalam tahapan seleksi pekerjaan. Bahkan, banyak juga program management trainee yang secara khusus mensyaratkannya.

Pada akhirnya, cakap berbahasa Inggris menjadi salah satu kunci penting untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menguasai lingua franca yang satu ini. Jadi, terus semangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu, ya!

For Your Information

Mengapa penting untuk cakap berbahasa Inggris?

Bahasa Inggris merupakan bahasa bisnis. Dalam dunia yang telah terglobalisasi, yakni ketika pergerakan modal dan barang sudah tak mengenal batas, maka komunikasi lintas batas juga terjadi begitu masif.

Apa saja manfaat dalam menguasai bahasa Inggris di dunia kerja?

Temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?