fbpx

Kamu Juga Bisa Kok Punya Rumah Idaman!

Pernah dengar kabar kalau millennial kemungkinan besar tidak akan mampu membeli rumah karena harga yang terlalu tinggi. Kabar tersebut benar adanya, satu hal utama penyebabnya adalah semakin tingginya harga lahan dari tahun ke tahun sedangkan gaji kamu yang segitu-gitu aja. Harga hunian dalam satu dekade di Indonesia mengalami kenaikan hingga 39.7%,. Jika kamu ingin membeli rumah seharga Rp. 600 juta maka kamu harus memiliki penghasilan Rp. 16 juta per bulan.

Lalu sebenarnya apakah ada langkah-langkah yang bisa diambil untuk millennial agar memiliki rumah sendiri?

1. Rumah Pertama Tipe 36 yang Tetap Bisa Bikin Nyaman

Orang-orang Indonesia masih sangat kental dengan keinginan untuk membeli rumah landed house, padahal kita tahu sendiri harga yang dikeluarkan akan lebih mahal lagi. Belum lagi preferensi untuk memiliki lahan yang luas untuk bermain dan ruang tamu tanpa menyadari ongkos besar yang harus ditanggung. Bagi kamu millennial atau pasangan baru yang ingin memiliki rumah, sebenarnya untuk rumah pertama kamu tidak membutuhkan rumah yang besar. Dengan gaji yang masih secukupnya, sebenarnya sangat wajar untuk membeli rumah pertama dengan tipe 36/72 atau 45/72 dengan harga yang lebih terjangkau. Belum lagi aktivitas millenial yang lebih banyak dihabiskan untuk bekerja, sehingga rumah pertama lebih berfungsi sebagai tempat bersinggah saja setelah bekerja. Setelah memiliki pemasukan mapan, barulah coba dipertimbangkan membeli rumah lebih besar.

2. Menabung Pangkal Kaya

Hal paling masuk akal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menabung untuk perencanaan kebutuhan di masa depan. Pastikan tabungan yang kamu miliki tidak terpakai dengan memasukkannya ke dalam tabungan deposito sehingga baru bisa diakses dalam jangka waktu tertentu. Kedua, kamu bisa memperlebar kemungkinan untuk membeli rumah dengan mencari pemasukan tambahan. Kehadiran sosial media bisa menjadi peluang besar bagi kamu untuk membuka usaha atau mencari pemasukan tambahan. Kamu bisa mencari-cari peluang sebagai content creator, ataupun content writer yang saat ini banyak dicari.

3. Dimanapun Lokasinya Transportasi Umum Kuncinya

Jika harga perumahan di daerah perkotaan tidak terjangkau bagi dengan harganya yang selangit seperti di Jakarta, maka opsi yang bisa kamu ambil adalah mencari rumah di daerah pinggiran. Namun bukan sembarangan pinggiran, tetapi rumah yang dekat dengan akses transportasi umum. Jangan sampai kamu sudah membeli rumah dengan harga terjangkau di pinggiran, tetapi harus membeli kendaraan pribadi lagi untuk kemana-mana. Siapkan dirimu untuk menjadi seorang komuter, walau pada akhirnya harus mengalokasikan waktu lebih banyak, pada akhirnya kamu dapat memotong ongkos keuangan secara signifikan.


Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?