fbpx

Mengenal Kuliner Khas Idul Fitri dari Berbagai Negara

Hari raya Idul Fitri akan tiba sebentar lagi. Tentu perayaan Idul Fitri pada tahun 2020 akan jauh berbeda karena adanya pandemi COVID-19. Tidak mudah untuk berkmpul bersama dengan keluarga seperti tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi, untuk mengobati sedikit rasa rindu, mari kita membahas kuliner khas Idul Fitri dari berbagai negara di dunia.

Sheer Khurma (India, Bangladesh, dan Pakistan)

Kuliner khas Idul Fitri - Sheer Khurma
Sumber: umroh.com

Bagi negara-negara di Asia Tengah, Sheer Kurma menjadi salah satu kuliner khas Idul Fitri yang tidak bisa begitu saja dilewatkan. Hidangan ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan kering, bihun, susu kental manis, dan juga gula. Biasanya, hidangan ini dinikmati sebagai menu sarapan pada saat Idul Fitri.

Selain dihidangkan pada saat Idul Fitri, ternyata Sheer Kurma juga dihidangkan pada saat hari raya Idul Adha. Well, tidak ada yang lebih baik dari hidangan manis setelah satu bulan berpuasa secara penuh, bukan?

Bolani (Afghanistan)

Sumber: imgur.com

Bolani merupakan roti tipis berisikan sayur yang dibakar atau digoreng. Isian yang sering dipakai adalah kentang, labu, kacang-kacangan, bayam, dan juga daun bawang. Biasanya, roti satu ini akan dihidangkan bersama dengan yogurt.

Hidangan khas Afghanistan ini dibuat dan dihidangkan pada saat-saat istimewa seperti perayaan ulang tahun atau hari raya. Tak heran apabila kamu menemukan Bolani pada saat hari raya Idul Fitri.

Biryani (Inggris)

Kuliner khas Idul FitriKuliner khas Idul Fitri - Biryani
Sumber: budgens.co.uk

Di Inggris, salah satu hidangan khas Idul Fitri adalah Nasi Biryani yang terdiri dari campuran nasi dan daging dengan bumbu khas. Biasanya, nasi Biryani menggunakan daging ayam sebagai campuran. Akan tetapi, kamu bisa juga menemukan nasi Biryani dengan campuran daging sapi maupun kambing.

Meskipun hidangan ini sebetulnya merupakan hidangan khas Kawasan India, Nasi Biryani masih menjadi favorit kaum Muslim di Inggris saat hari raya.

Manti (Rusia)

Sumber: tillyeats.com

Pada dasarnya, Manti merupakan jenis pangsit (dumplings) yang berasal dari Turki. Akan tetapi, kamu juga bisa meemukan hidangan yang satu ini di Rusia. Rasanya yang gurih membuat Manti sangat cocok untuk dinikmati pada saat makan siang di hari raya.

Ketupat (Indonesia)

Kuliner khas Idul Fitri - Ketupat
Sumber: baca.co.id

Di Indonesia, ketupat lah yang menjadi hidangan khas Idul Fitri. Biasanya, ketupat bisa dinikmati dengan opor ayam dan makanan lainnya. Saking khasnya, perayaan Idul Fitri di Indonesia akan identik dengan dekorasi ketupat di mana-mana.

Demikianlah kuliner khas Idul Fitri dari berbagai negara di dunia. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri tahun 2020 ini ya, Kawan Rantau.

Baca juga bagaimana COVID-19 mengubah tradisi ramadan di berbagai negara.

For Your Information

Apakah ada kuliner khas hari raya Idul Fitri?

Tentu ada, Kawan Rantau. Masing-masing negara memiliki kekhasan mereka sendiri.

Apa saja kuliner khas hari raya Idul Fitri dari berbagai negara?

Baca artikel ini untuk tahu lebih lanjut.

Ingin mengetahui cerita lain di Jakarta?