fbpx

Mengenal Kota-kota Ramah Pelajar yang ada di Eropa

London telah menjadi salah satu kota pelajar terbaik di Eropa menurut QS Best Student Cities 2019. Lalu, bagaimana dengan kota-kota lainnya yang ada di benua Eropa? Berikut merupakan kota-kota ramah pelajar yang ada di Eropa.

Kota-kota di Eropa cenderung menduduki posisi yang baik di perankingan QS Best Student Cities. Bahka, kota-kota ini cukup mendominasi di 10 peringkat pertama.

Munich, Jerman

Sumber: unsplash.com

Munich menjadi kota paling ramah pelajar di Eropa setelah London. Hal ini didorong oleh biaya hidup yang cukup terjangkau di kota ini dan suasananya yang ramah terhadap para warga asing. Apalagi, banyak universitas di Jerman yang tidak menetapkan biaya perkuliahan. Hal inilah yang menyebabkan Munich menjadi kota terbaik untuk kategori ramah terhadap pelajar.

Sejumlah universitas yang bisa kamu temukan di Berlin adalah sebagai berikut:

  1. Technische Universitat Munchen
  2. Ludwig-Maximillian-Universitat Munchen

Berlin, Jerman

Sumber: unsplash.com

Di posisi kedua, ada Berlin yang menyusul posisi dari Munich. Berlin sebagai ibukota dari Jerman, menyandang popularitas yang cukup tinggi. Sebagai salah satu pusat desain, fesyen, musik, dan juga seni, Berlin menjadi penghubung semua unsur urban yang ada di dunia. Tak heran apabila Berlin bisa bersaing dengan New York dan London.

Salah satu hal yang membuat Berlin menjadi favorit para mahasiswa karena banyaknya program dengan pengantar bahasa Inggris yang telah dibuka.

Sejumlah universitas yang ada di Berlin adalah sebagai berikut:

  1. Humboldt-Universitat zu Berlin
  2. Freie Universitat Berlin
  3. Technische Universitat Berlin

Paris, Perancis

Sumber: unsplash.com

Paris masih menjadi salah satu kota terfavorit para pelajar meskipun rankingnya menurun pada QS Best Student Cities 2019 kali ini. Performa dari Paris ini didorong oleh terkonsentrasinya sejumlah universitas bereputasi di Perancis yang berada di Paris.

Meskipun biaya hidup di Paris tidaklah murah, para mahasiswa terbantu dengan rendahnya biaya perkuliahan yang harus dibayarkan. Kemudian, bagaimanapun Paris merupakan kota yang istimewa. Ia merupakan pusat budaya, fesyen, dan juga kuliner dunia.

Sejumlah universitas yang ada di Paris adalah sebagai berikut:

  1. Université PSL (Paris Sciences & Lettres)
  2. Ecole Polytechnique
  3. Sorbonne University
  4. CentraleSupélec
  5. Sciences Po Paris
  6. TELECOM ParisTech
  7. Ecole des Ponts ParisTech
  8. University of Paris
  9. Université Paris-Sud 11
  10. Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne
  11. ENS Paris-Saclay
  12. Université Panthéon-Assas (Paris 2)

Zurich, Swiss

Sumber: unsplash.com

Zurich terkenal dengan kemakmuran, ketaatan para warganya, hingga pajak yang rendah. Maka dari itu, Zurich juga menjadi salah satu kota yang difavoritkan oleh para pelajar internasional.

Posisi Zurich sekarang ini tedorong oleh adanya ETH Zurich, universitas dengan ranking tertinggi di daratan Eropa di luar Inggris. Kemudian, pada dasarnya Zurich merupakan pusat penghubung internasional di antara negara-negara Eropa. Kota ini juga merupakan kota terbesar dan terkaya di Eropa

Sejumlah universitas yang ada di Zurich adalah sebagai berikut:

  1. ETH Zurich
  2. University of Zurich

Wina, Austria

Sumber: unsplash.com

Wina merupakan salah satu kota yang mendapatkan nilai baik untuk biaya perkuliahan yang murah bagi para pelajar internasional. Hal inilah yang mendorong Wina menduduki posisi ke-13 dalam perankingan QS.

Wina dikenal sebagai salah satu kota yang penuh dengan kekayaan budaya, mulai dari teater, hingga pertunjukan musik akan karya Mozart, Beethoven, hingga Schubert.

Sejumlah universitas yang ada di Wina adalah sebagai berikut:

  1. University of Vienna
  2. Vienna University of Technology

Selain kelima kota di atas, kota lainnya di Eropa yang juga masuk ke dalam perankingan QS Best Student Cities Ranking adalah Barcelona, Amsterdam, Madrid, Moskow, dan juga Praha. Jadi, apakah kamu tertarik untuk berkuliah di salah satu kota paling ramah pelajar di Eropa ini? Mengapa tidak, Kawan Rantau.

Kamu juga bisa membaca tentang alasan mengapa kamu harus kuliah di Hong Kong, salah satu kota ramah pelajar yang ada di Asia.

For Your Information

Di mana kota ramah pelajar di Eropa selain London?

Ternyata, sejumlah kota yang ada di Eropa menduduki posisi yang kuat dalam perankingan QS Best Student Cities.

Mengapa Berlin menjadi salah satu kota ramah pelajar di Eropa?

Banyaknya program yang menggunakan pengantar bahasa Inggris serta tidak adanya biaya perkuliahan membuat Berlin menjadi favorit bagi para mahasiswa.

Kota mana saja yang termasuk kota paling ramah pelajar di Eropa?

Silakan baca artikel ini untuk tahu jawaban lengkapnya.