fbpx

Mengenal 3 Jenis Pekerjaan yang Tidak Bisa Digantikan oleh Robot

Dewasa ini, teknologi telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Bahkan, munculnya kecerdasan artifisial lambat laun membuat kehidupan kita menjadi lebih efektif dan efisien. Pada akhirnya, muncul pekerjaan-pekerjaan yang sekarang ini dapat dilakukan sepenuhnya oleh robot. Akan tetapi, apakah ada jenis pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot?

Kali ini, kami akan membahas 3 jenis pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot berdasarkan laporan dari McKinsey. Dalam laporan tersebut, McKinsey melihat dampak dari potensi AI di tempat kerja.

1. Perawat

Pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot - perawat
Sumber: unsplash.com

Sejumlah teknologi baru memang bisa membantu kerja perawat menjadi lebih efisien. Akan tetapi, tidak semua pekerjaan perawatan bisa digantikan sepenuhnya oleh perawat. Berdasarkan laporan McKinsey, hanya kurang dari 30% aktivitas dari perawat yang bisa diotomasi.

Kemungkinan yang bisa terjadi adalah, para robot memang tetap digunakan di rumah sakit, tapi digunakan untuk membantu pekerjaan perawat lainnya di luar perawatan pasien. Pada dasarnya, jenis pekerjaan yang membutuhkan empatis manusia seperti terapis dan psikolog, menjadi jenis pekerjaan yang kemungkinan tidak bisa digantikan oleh robot.

Berikut merupakan jurusan-jurusan keperawatan terbaik di dunia apabila kamu ingin menjadi seorang perawat:

  1. University of Pennsylvania, Amerika Serikat
  2. King’s College London, Inggris
  3. University of Technology Sydney, Australia
  4. University of Toronto, Kanada
  5. Karolinska Institutet, Swedia

2. Dokter gigi

Pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot - dokter gigi
Sumber: unsplash.com

Para praktisi kedokteran gigi termasuk ke dalam jenis pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot. Pernyataan tersebut didasarkan dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Oxford dan Deloitte pada tahun 2015.

Hasil studi tersebut juga memiliki nada yang selaras dengan laporan dari McKinsey. Menurut McKinsey, hanya 13 persen aktivitas dari dokter gigi yang bisa diotomasi. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan yang membutuhkan keahlian serta kontak langsung dengan pasien, seperti pekerjaan di bidang kesehatan, menjadi sulit digantikan oleh robot.

Apabila kamu ingin melanjutkan studi di bidang kedokteran gigi, maka berikut daftar jurusan-jurusan kedokteran gigi terbaik di dunia:

  1. King’s College London, Inggris
  2. Academic Centre for Dentistry, Amsterdam (ACTA), Belanda
  3. University of Michigan-Ann Arbor, Amerika Serikat
  4. University of Hong Kong, Hong Kong
  5. Tokyo Medical and Dental Universitas (TMDU), Jepang

3. Pendidikan

Pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot - guru atau dosen
Sumber: unsplash.com

“Dari seluruh sektor yang kami periksa, kelayakan teknis dari otomasi sangatlah rendah di bidang pendidikan, setidaknya untuk masa sekarang,” jelas McKinsey dalam laporannya.

Meskipun peralatan mengajar digital dan tersedia banyak sekali jenis kursus daring, pada dasarnya esensi mengajar tetaplah berada pada manusia. Interaksi antar manusia yang kompleks menjadi poin penting dalam sektor pendidikan. Maka dari itu, pekerjaan seperti guru dan dosen masih belum bisa digantikan oleh AI.

Berikut merupakan daftar jurusan-jurusan pendidikan terbaik di dunia apabila kamu ingin melanjutkan studi di bidang ini:

  1. University College London, Inggris
  2. Harvard University, Amerika Serikat
  3. University of Toronto, Kanada
  4. University of Hong Kong, Hong Kong
  5. Monash University, Australia

Selain ketiga jenis pekerjaan di atas, pada dasarnya ada satu bidang lagi yang akan sulit digantikan oleh robot, yakni jenis pekerjaan di bidang humaniora. Para sosiolog termasuk salah satu di antaranya. Sebagai ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, maka dibutuhkan sebuah analisis unik dari manusia. Hal ini bukanlah data yang bisa diolah oleh AI dengan begitu mudah.

Apalagi, jenis pekerjaan lanjutan dari para lulusan Sosiologi seperti pekerja sosial juga tidak bisa langsung digantikan. Hal ini disebabkan oleh perlunya interaksi dan pelibatan empati ketika melayani pasien yang hadir.

Dengan demikian, jelas bahwa meskipun teknologi sudah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia, tidak semua hal dapat digantikan oleh mereka.

Baca juga arti dari industri 4.0 dan dampaknya dalam kehidupan manusia.

For Your Information

Apakah fungsi dari teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari?

Tentunya membantu kehidupan kita supaya menjadi lebih efektif dan efisien.

Apakah ada pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh robot?

Ada, Kawan Rantau. Bacalah pembahasannya di artikel ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Hong Kong?