fbpx

Mengapa Tradisi Siesta di Spanyol Mulai Menghilang?

Siesta merupakan salah satu tradisi yang dikenal di Spanyol, yakni tradisi untuk tidur siang atau beristirahat barang sebentar di siang hari. Sayangnya, tradisi unik satu ini mulai menghilang. Kira-kira apa ya alasannya?

Apa itu tradisi Siesta?

Tidur siang bagian dari tradisi Siesta. Sumber: spainatm.com

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Siesta adalah tradisi tidur siang atau istirahat di tengah hari. Tradisi ini ada dilakukan di sejumlah negara seperti Spanyol, Amerika Latin, Filipina, Timur-Tengah, dan juga Afrika Utara. Akan tetapi, banyak juga yang menganggap tradisi ini merupakan tradisi khas Spanyol.

Tradisi Siesta hadir karena terkadang negara-negara yang menjalani tradisi ini termasuk negara yang memiliki suhu temperatur tinggi. Di Spanyol sendiri, sejumlah toko pada siang hari akan tutup sebagai bentuk bagian dari tradisi Siesta.

Berapa lama Siesta dilakukan?

Siesta biasanya dilakukan saat matahari berada di titik tertingginya dan berjalan selama 15-30 menit. Akan tetapi, bisa saja tradisi istirahat ini memanjang hingga dua jam. Banyak yang percaya bahwa ketika seseorang melakukan Siesta, maka dapat mengurangi tingkat stres dan kelelahan.

Mengapa tradisi Siesta di Spanyol mulai menghilang?

Sumber: paromni.com

Tradisi Siesta di Spanyol bermula dari ribuan tahun lalu hingga sekarang. Sempat disinggung, toko-toko di Spanyol memang tutup di siang hari. Hal tersebut dapat terjadi karena adaya batasan waktu perdagangan selama 72 jam per minggunya.

Tak heran apabila tradisi Siesta menjadi langgeng di negara ini. Kemudian, tradisi makan siang sendiri telah menjadi tradisi yang begitu unik di spanyol. Di setiap rumah, makan siang di Spanyol akan disiapkan begitu rupa. Setiap anggota keluarga berkumpul sambil makan.

Tradisi ini mirip dengan Fika, budaya ngopi dan makan kue di Swedia. Bedanya, tentu saja Fika lebih ke tradisi makan makanan ringan, sedangkan Siesta lebih ke makanan berat.

Sekarang, tradisi Siesta mulai menghilang. Tekanan yang tinggi dari pekerjaan modern membuat banyak orang tidak ingin atau tidak bisa mengambil waktu istirahat yang panjang. Apalagi, dengan adanya mesin pendingin, para pekerja tak perlu khawatir lagi tak bisa berkonsentrasi karena udara yang panas.

Meski demikian, budaya makan siang Siesta masih tetap dihargai. Banyak yang menyempatkan untuk makan siang bersama keluarga secara langsung meski telah bekerja.

Pada akhirnya, budaya Siesta ini tetap menjadi tradisi khas asal Spanyol yang tak tergantikan. Jangan lupa baca juga Bahasa Maori, bahasa khas Selandia Baru yang juga unik dan sempat hampir punah.

For Your Information

Apa itu tradisi Siesta?

Siesta adalah tradisi tidur siang atau istirahat di tengah hari. Tradisi ini ada dilakukan di sejumlah negara seperti Spanyol, Amerika Latin, Filipina, Timur-Tengah, dan juga Afrika Utara.

Berapa lama Siesta dilakukan?

Tradisi Siesta di Spanyol biasanya dilakukan dalam waktu 2-3 jam.

Mengapa tradisi Siesta di Spanyol mulai menghilang?

Budaya kerja merupakan salah satu alasannya. Lengkapnya, baca di artikel berikut ini, ya!

Ingin mengetahui cerita lain di Madrid?