Mengapa Kuliah di Korea Menjadi Semakin Menarik?

Upaya Pemerintah Korea Selatan yang terus berupaya mempromosikan tradisi dan budaya mereka melalui hallyu, ternyata juga telah mempengaruhi sistem pendidikan mereka. Selain Jepang dan China, Korea Selatan telah menjadi salah satu negara tujuan para pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Kawasan Asia Timur.

Lalu, mengapa kuliah di Korea sekarang ini menjadi begitu menarik?

Kualitas pendidikan terbaik

Kuliah di Korea - Kualitas Penddikan terbaik
Korea University. Sumber: pinterest.com

Pernah mendengar istilah SKY University di Korea? Iya, SKY University pada dasarnya merupakan singkatan dari 3 universitas terkemuka di Korea Selatan, yakni Seoul National University, Korea University, dan juga Yonsei University. Dewasa ini, ketiga universitas tersebut telah memiliki reputasi akademik yang baik di dunia.

Selain itu, ada juga universitas lain yang mungkin tidak seterkenal SKY University, akan tetapi memiliki kualitas pendidikan yang juga tak kalah mumpuni. Universitas tersebut adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dan Sungkyunkwan University.

Makanan yang melimpah

Kuliah di Korea - Makanan melimpah
Sumber: cnn.com

Tentunya, sebagai pelajar perantauan, pilihan makanan haruslah dipertimbangkan. Setidaknya, ada dua prioritas yang haram dilanggar bagi seorang pelajar perantauan mengenai makanan. Iya, makanan yang dimakan haruslah enak dan juga murah.

Sama-sama berada di kawasan Asia, tentu kamu akan menemui makanan korea yang juga kaya rempah. Meskipun rasanya akan sedikit berbeda dengan makanan Indonesia, setidaknya makanan Korea masih bisa ditoleransi oleh lidah Indonesia. Harganya pun relatif murah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

Kamu juga bisa mencari tahu tentang hidangan Korea Selatan yang wajib dicicipi kalau kamu sedang berada di Korea.

Bisa jalan-jalan

Sumber: visitkorea.com

Korea termasuk negara yang punya lokasi strategis. Terbilang dekat dengan China dan juga Jepang, maka kamu bisa memanfaatkan waktu liburan kuliahmu untuk berjalan-jalan ke kedua negara tadi.

Biaya yang dikeluarkan cukup murah dan tentunya banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu capai dari Korea.

Perpaduan sempurna antara sisi tradisional dan modern

Sumber: cnn.com

Jika kamu ingin merasakan perpaduan yang sempurna antara sisi tradisional dan modern dari suatu peradaban, maka kamu akan sangat beruntung bila berkuliah di Korea Selatan. Di kota-kota besar yang ada di Korea, kamu bisa menemukan gedung pencakar langit yang berdampingan dengan kuil-kuil tradisional.

Pengalaman yang sempurna, bukan?

Tak harus pandai berbahasa Korea

Sumber: npr.com

Apakah kamu khawatir tidak bisa menjalani kuliah dengan baik karena kamu tidak bisa berbahasa korea? Maka kamu harus bernapas lega. Selain banyak universitas yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan, kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa Korea yang disediakan oleh pihak universitas.

Tingkatan dari kelas tersebut akan berbeda-beda. Tergantung akan kemampuan yang kamu miliki. Akan tetapi, kamu juga tidak perlu terlalu bersedih hati, karena kamu juga bisa mempelajari bahasa Korea secara otodidak bila mau.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cari informasi lebih lanjut kalau kamu ingin berkuliah di Korea. Kami juga punya sejumlah kiat supaya kamu bisa lolos seleksi beasiswa KGSP/GKS untuk jenjang S1 dan Diploma. Tetap semangat ya, Kawan Rantau!

Mengapa Korea Selatan mulai dilirik jadi destinasi untuk kuliah di luar negeri?

Upaya Pemerintah Korea Selatan yang terus berupaya mempromosikan tradisi dan budaya mereka melalui hallyu, ternyata juga telah mempengaruhi sistem pendidikan mereka.

Universitas mana sajakah di Korea yang menjadi universitas terbaik?

SKY university yang merupakan singkatan dari Seoul National University, Korean University, dan Yonsei University. Ketiganya telah menjadi universitas paling bergengsi di Korea. Kemudian, ada pulai KAIST dan Sungkyunkwan yang tak kalah reputasinya.

Mengapa saya harus kuliah di Korea?

Baca alasan-alasannya di artikel ini dan temukan mengapa kuliah di Korea menjadi begitu menarik.