fbpx

Mengapa Harus Kuliah di Irlandia? Berikut Alasannya

Irlandia merupakan salah satu pulau tercantik di dunia. Ia terletak di Eropa dan bertetangga dengan Inggris raya. Sebagai negara yang penuh sejarah dan juga tradisi, Irlandia menjadi menarik untuk dikunjungi, bahkan dijadikan negara tujuan untuk melanjutkan studi. Kira-kira, apa saja alasan mengapa kamu harus kuliah di Irlandia?

Mari simak pemaparan Tim Rantau berikut ini:

Negara yang aman dan ramah

kuliah di irlandia
Sumber: unsplash.com/Diogo Palhais

Irlandia merupakan salah satu negara teraman dan juga ramah untuk belajar dan tinggal. Hal ini juga didukung oleh keramahan dari masyarakat Irlandia. Yang pasti, suasana di negara ini bakal bikin kamu betah dan enggan beranjak.

Sejumlah kota di Irlandia pun merupakan kota-kota teraman di dunia, yakni Dublin, Cork, dan Galway. Irlandia dikatakan sebagai negara paling aman karena jarang terjadi konflik, militerisasi, dan serangan teror.

Biaya hidup yang relatif murah

Biaya hidup di Irlandia akan relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan negara lainnya. Biaya hidup di Dublin akan jauh berbeda dengan biaya hidup di London atau New York. Akan tetapi, biaya hidup kamu ini akan tergantung dari jurusan yang kamu pilih di Irlandia, jenis akomodasi yang kamu tinggali, dan juga gaya hidup.

Akan tetapi, tentu banyak sekali pilihan akomodasi murah yang dapat kamu manfaatkan. Tak heran pada akhirnya jumlah pelajar internasional di negara ini terus meningkat.

Insitusi pendidikan yang mumpuni

kuliah di irlandia
University of College Dublin. Sumber: us-irelandalliance.org

Perguruan tinggi di Irlandia terdiri dari 7 universitas, 14 institut teknologi, dan juga 7 college of education. Masing-masing institusi menawarkan banyak sekali pilihan jurusan yang menarik, mulai dari ilmu komputer, data science, analisis data, kecerdasan artifisial, teknik, seni, humaniora, dan lainnya.

Berikut sejumlah universitas terbaik di Irlandia yang dapat kamu pilih untuk melanjutkan studi:

  1. Trinity College Dublin
  2. University of College Dublin
  3. National University of Ireland, Galway
  4. National University of Ireland, Maynooth
  5. Dublin City University
  6. University College Cork
  7. University of Limerick

Kesempatan untuk kuliah sambil bekerja

Salah satu hal yang membuat CV kamu nantinya terlihat stand out adalah pengalaman yang kamu miliki. Kabar baiknya, apabila kamu berkuliah di Irlandia, maka kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk kuliah sambil bekerja. Yap, betul sekali. Irlandia memperbolehkan seorang mahasiswa untuk kuliah sembari bekerja.

Tentunya, akan ada persyaratan yang harus kamu penuhi untuk melakukan hal ini. Jadi, jangan lupa menanyakan detailnya ke masing-masing universitas, ya.

Kesempatan untuk bekerja di perusahaan raksasa dunia

kuliah di irlandia
Kantor pusat Facebook. Sumber: irishtimes.com

Meskipun tidak memiliki luas wilayah yang begitu besar, Irlandia ternyata merupakan tuan rumah dari berbagai perusahaan besar seperti Facebook, Google, Linkedin, dan lainnya. Hal ini otomatis membuka kesempatan bagi para lulusan universitas di Irlandia untuk bekerja di sana.

Dengan demikian, banyak juga para pelajar internasional yang memilih untuk tinggal di Irlandia setelah lulus. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengurus visa tinggal kamu selama di Irlandia, ya.

Bahasa

Akan tetapi, kamu boleh menarik napas lega karena Irlandia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. Apalagi, ternyata orang-orang Irlandia sangatlah ramah. Jadi, mereka akan membantu kamu menyempurnakan bahasa Inggris yang kamu gunakan.

Jadi, bagaimana, Kawan Rantau? Apakah kamu tertarik untuk kuliah di Irlandia? Yang pasti, banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan untuk bisa berkuliah di negara cantik satu ini. Tetap persiapkan dirimu untuk mendaftar di universitas impianmu, ya.

Kamu juga bisa membaca ulasan kami tentang kota-kota pelajar terbaik di Inggris selain London.

For Your Information

Apakah Irlandia ramah pelajar?

Irlandia merupakan salah satu negara teraman dan juga ramah untuk belajar dan tinggal. Hal ini juga didukung oleh keramahan dari masyarakat Irlandia.

Bagaimana biaya hidup di Irlandia?

Biaya hidup di Irlandia akan relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan negara lainnya. Biaya hidup di Dublin akan jauh berbeda dengan biaya hidup di London atau New York.

Apakah saya bisa kuliah sambil bekerja di Irlandia?

Coba baca artikel ini untuk tahu jawabannya.

Ingin mengetahui cerita lain di Dublin?