fbpx

Mengambil Pelajaran dari Kisah Sukses Taiwan Menghadapi COVID-19

Seperti yang telah kita ketahui, pandemi COVID-19 telah mulai menyebar sejak Desember 2019. Berdasarkan data yang dihimpun oleh John Hopkins University Coronavirus Resource Center, tercatat kasus yang terkonfirmasi di dunia mencapai 3.507.424 dengan total kematian mencapai 247.497. Angka tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah. Akan tetapi, kali ini kami akan membahas kisah sukses Taiwan dalam menghadapi COVID-19.

Belajar dari SARS

Sumber: telegraph.co.uk

Taiwan merupakan satu dari sedikit negara yang warganya masih bisa beraktivitas seperti biasa. Yap, dapat dikatakan kalau Taiwan memiliki kisah sukses tersendiri saat menghadapi COVID-19. Salah satu faktor yang paling berpengaruh mengenai keberhasilan Taiwan ini adalah kemampuan para warganya untuk mengambil pelajaran dari epidemi SARS yang terjadi 17 tahun lalu.

Kemudian, pemerintah Taiwan pun bertindak cepat dengan menyediakan layanan kesehatan yang mumpuni serta teknologi untuk mencegah penyebaran virus COVID-19. Hal ini dilakukan sejak wabah tersebut mulai hadir pada awal Januari.

Setelah berhasil menanggulangi COVID-19 di dalam negeri, Taiwan mulai membantu negara lain dengan menyediakan masker medis, peralatan kesehatan bagi profesional, hingga menerapkan teknologi baru untuk melawan virus ini.

Reputasi layanan kesehatan Taiwan

Taiwan telah banyak dikenal sebagai negara yang memiliki sistem asuransi kesehatan terbaik di dunia. Berberapa tahun terakhir, penggunaan teknologi secara masif digunakan di Taiwan. Hal ini merupakan upaya Taiwan untuk menggunakan teknologi kesehatan pintar dan meningkatkan efisiensi di rumah sakit.

Dari sisi akademis, nyatanya Taiwan memang unggul. Data dari Elsevier menunjukkan bahwa 73% dari penelitian akademis yang dilakukan oleh Taiwan berhubungan dengan tujuan ke-3 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni kehidupan sehat dan sejahtera. Dua universitas di Taiwan juga menduduki posisi 10 besar dalam pemeringkatan THE Impact Rankings 2020 untuk tujuan ke-3.

Kerja sama universitas dan pemerintah

National Cheng Kung University. Sumber: smapse.com

Selama masa pandemi, pendidikan tinggi di Taiwan terus melakukan kerja sama dengan pemerintah. National Cheng Kung University merupakan salah satunya. NCKU mengambil langkah awal untuk mencegah penyebaran COVID-19. Langkah tersebut dimulai dari penundaan pelaksanaan semester baru selama dua minggu, mengembangkan kuesioner daring harian bagi pelajar dan staf untuk melaporkan kondisi kesehatan mereka, serta menanamkan QR Codes untuk melacak pergerakan pelajar dan staf.

Kemudian, pada tanggal 21 April, NCKU mengadakan Forum Daring Internasional untuk COVID-19. Forum tersebut berfokus pada bagaimana pemerintah Taiwan dan universitas merespons pandemi COVID-19. Kemudian, terdapat juga diskusi mengenai pendidikan tinggi setelah pandemi berakhir. Forum tersebut menarik perhatian lebih dari 150 akademisi dan praktisi internasional dari universitas mitra NCKU.

Di sisi lain, universitas di Taiwan juga mengembangkan berbagai alat untuk meningkatkan efisiensi pencegahan pandemi. Sebagai contoh, National Taiwan University mengembangkan aplikasi mobile yang menggabungkan data demografi, transportasi publik, dan rekam jejak kesehatan masyarakat untuk memprediksi risiko infeksi.

Pada akhirnya, apabila semakin banyak universitas yang terikat dengan SDGs, maka rasa tanggung jawab mereka untuk menciptakan dunia yang lebih baik akan semakin besar. Akan tetapi, yang harus dipahami adalah, SDGs bukan hanya berperan sebagai tujuan, tapi juga alat untuk menyeimbangkan keberadaan manusia, masyarakat, dan alam. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci dari kisah sukses Taiwan dalam menghadapi COVID-19.

Baca juga kebijakan pendidikan yang diterapkan di Indonesia pada masa darurat COVID-19

For Your Information

Mengapa aktivitas di Taiwan bisa berjalan seperti biasa?

Karena pemerintah Taiwan berhasil dengan cepat merespons penyebaran pandemi COVID-19.

Apa yang bisa kita pelajari dari Taiwan dalam menghadapi COVID-19?

Baca ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Taipei?