fbpx

Manfaat Gratitude Journal untuk Kurangi Gangguan Kecemasan

Apakah kamu terkadang merasa cemas akan masa depan? Terkadang, ketika kamu mendengar berita buruk secara terus-menerus, kamu cenderung merasa cemas berlebih. Apalagi, sekarang dengan menyebarnya pandemi COVID-19 di seluruh dunia, secara tidak langsung akan mempengaruhi seluruh aspek dalam hidup kita. Maka dari itu, berikut sejumlah manfaat dari membuat gratitude journal yang berguna untuk mengurangi gangguan kecemasan.

Bagaimana gratitude journal bekerja?

Sumber: pexels.com

Rasa bersyukur dikenal sebagai ‘antidepresan alami’. Emosi yang satu ini bahkan bisa mengubah cara sel-sel dalam tubuhmu untuk merespons suatu hal. Kapan saja kamu merasa bersyukur, dopamin dan serotonin akan diproduksi dari otakmu. Kedua neurotransmitter ini bisa membuat kamu merasa lebih “baik”. Pada akhirnya, kamu pun akan merasa jauh lebih bahagia.

Dengan selalu bersyukur tiap harinya, maka kamu bisa menciptakan hawa positif setiap harinya. Berdasarkan penelitian dari Harvard University Medical Health School, rasa syukur dapat membantu seseorang untuk merasakan emosi yang positif, meningkatkan kesehatan, serta membangun hubungan yang kuat.

Maka dari itu, gratitude journal merupakan cara paling mudah untuk membuatmu jadi lebih fokus. Pada saat kamu menulis, maka kamu akan memiliki waktu untuk merefleksikan emosi yang kamu rasakan dan kamu akan merasa jauh lebih tenang.

Manfaat dari gratitude journal

Sumber: pexels.com

Dengan menulis gratitude journal, ada sejumlah manfaat yang dapat kamu rasakan. Berikut beberapa di antaranya:

Mengurangi stres

Dengan menuliskan rasa syukurmu, pada akhirnya stres yang kamu rasakan akan berkurang. Dengan merefleksikan rasa syukurmu, maka tingkat dari cortisol (hormon stres) yang ada di dalam tubuhmu akan menurun.

Tidur lebih baik

Apabila kamu menuliskan gratitude journal-mu sebelum tidur setiap harinya, maka kamu akan bisa tidur lebih baik. Bagaimanapun, setelah menulis jurnal tersebut, kamu akan berada dalam atmosfer yang positif dan tidak tertekan

Mendapatkan perspektif baru

Dengan menulis gratitude journal, kamu bisa mendapatkan perspektif baru tentang apa saja yang kamu syukuri. Tentu terkadang seiring waktu kita akan melupakan hal-hal yang sebetulnya berharga bagi kita. Dengan menuliskan hal-hal yang kamu syukuri, maka kamu akan lebih memaknai hal-hal yang kamu alami tersebut.

Degan terus menuliskan gratitude journal, maka secara tidak langsung metode ini akan meningkatkan ketahanan mental dan fisikmu. Pada akhirnya, sistem imun tubuhmu pun akan menjadi lebih kuat. Apabila kamu ingin tubuh dan pikiranmu tidak mudah sakit, membuat gratitude journal bisa menjadi pilihan. Anggaplah hal ini sebagai pengobatan gratis yang dapat kamu manfaatkan.

Baca juga tentang panduan kesehatan mental untuk kawan rantau hadapi COVID-19.

For Your Information

Apa itu gratitude journal?

Jurnal berisikan ungkapan rasa syukur atas apa yang kamu alami atau temui setiap harinya.

Bagaimana rasa syukur dapat membentuk hawa yang positif?

Rasa bersyukur dikenal sebagai ‘antidepresan alami’. Emosi yang satu ini bahkan bisa mengubah cara sel-sel dalam tubuhmu untuk merespons suatu hal

Apa saja manfaat dari menulis gratitude journal?

Silakan baca pembahasan lengkapnya di artikel ini.