fbpx

Lakukan 3 Hal Sederhana Ini untuk Wujudkan Perubahan Sosial

LaRayia Gaston adalah seorang aktivis dan juga entrepreneur yang telah banyak menginspirasi. Melalui organisasi non profit yang ia dirikan, Lunch on Me, Gaston membantu para tuna wisma. Gaston selalu berupaya untuk berkontribusi dalam penyelesaian masalah sosial. Maka dari itu, berikut 3 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk wujudkan perubahan sosial menurut LaRayia Gaston.

Cari tahu akar masalah

Sumber: pexels.com/Andrea Piacquadio

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan perubahan sosial adalah untuk mencari tahu akar masalah yang ada. Hal ini beri tahu, cari tahu hal-hal apa di sekitar yang membuat kamu merasa tidak nyaman.

“Adalah sebuah privilese apabila kita bisa mengamati suatu hal. Bukannya mengalaminya,” ujar Gaston.

Dengan demikian, untuk betul-betul mewujudkan perubahan sosial, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui siapa yang menderita. Cari tahu siap pihak di sekitarmu yang membutuhkan bantuan. Dengan menyadari hal tersebut, maka kita mampu untuk mencoba mencari solusi untuk membantu mereka.

Terapkan apa yang sudah kamu pelajari

Sumber: pexels.com/Jopwell

Setelah kamu mengetahui akar permasalahan yang ada, maka kamu bisa mulai menerapkan apa yang sudah kamu pelajari. Cobalah untuk membuka diskusi dengan orang-orang terdekatmu mengenai hal-hal di sekitarmu.

Kemukakan hal-hal yang menggangu pikiranmu dan solusi seperti apa yang ingin kamu berikan untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

Fokus pada aksi kecil

Sumber: pexels.com/Marta Ortigosa

Berkontribusi terhadap perubahan sosial memang bukanlah pekerjaan yang sekali selesai. Akan butuh waktu yang lama untuk betul-betul menciptakan perubahan. Apalagi, permasalahan sosial yang ada sering kali berasal dari sistem yang sudah mengakar dari masyarakat.

Maka dari itu, untuk mewujudkan perubahan sosial, kamu bisa mulai fokus pada aksi-aksi kecil yang bisa berujung pada mengubah suatu hal. Sekecil apapun aksi yang kamu lakukan, hal tersebut bisa sangat berarti untuk wujudkan perubahan sosial.

Apabila kamu ingin memahami lebih lanjut mengenai perubahan sosial, ada baiknya kamu mencoba untuk mengambil jurusan keadilan sosial. Kamu juga bisa mencoba untuk menjalani program kuliah pekerja sosial secara daring.

Jadi, Kawan Rantau, apakah kamu siap untuk wujudkan perubahan sosial? Perubahan yang positif selalu diawali dari keyakinan bahwa perubahan itu mungkin terjadi.

For Your Information

Siapa itu LaRayia Gaston?

LaRayia Gaston adalah seorang aktivis dan juga entrepreneur yang telah banyak menginspirasi. Melalui organisasi non profit yang ia dirikan, Lunch on Me, Gaston membantu para tuna wisma.

Apa yang bisa saya lakukan untuk bisa wujudkan perubahan sosial?

Untuk tahu jawabannya, silakan baca artikel berikut ini.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?