fbpx

Kiat dan Tips Sukses Jalani Wawancara Kerja Daring

Apakah kamu lulus tahun ini, Kawan Rantau? Di tengah pandemi COVID-19, bukan tak mungkin kamu tetap bisa melamar pekerjaan. Akan tetapi, yang sedikit berbeda adalah proses wawancara yang akan kamu jalani. Yap, menimbang keadaan sekarang, maka banyak sekali perusahaan yang menggelar wawancara secara daring.

Kalau kamu merasa kurang percaya diri dan masih bingung harus menyiapkan apa saja, maka berikut akan kami bahas kiat sukses untuk jalani wawancara secara daring.

Dampak COVID-19

Sumber: twitter.com/RubyACelline

Tentu di saat sekarang ini, melakukan wawancara kerja secara tatap muka menjadi sulit dilakukan. Menurut Ruby A. Celine, Practice Lead dari Salt Recruitment, satu dari lima wawancara kerja sekarang dilakukan secara daring.

“Tentu secara umum bertemu melakukan wawancara tatap muka akan lebih dipilih, akan tetapi sekarang sudah menjadi umum bagi perusahaan untuk mengadakan wawancara secara digital. Apalagi bila proses perekrutan memawakan waktu dua sampai tiga kali evaluasi,” jelas Celine.

Periksa jaringan

wawancara kerja daring
Sumber: dreamstime.com

Salah satu hal yang paling penting untuk dipersiapkan untuk menjalani wawancara ini adalah, jaringan internet yang lancar. Tentu kamu tidak ingin sambunganmu terputus saat melakukan wawancara, bukan?

Maka dari itu, persiapkan seluruh peralatan supaya kualitas suara dan video saat kamu melakukan wawancara dapat diterima dengan jelas oleh pewawacara. Jangan lupa untuk melakukan wawancarqa di tempat yang cukup sepi supaya kamu tidak terganggu.

Perbanyak latihan

wawancara kerja daring
Sumber: forbes.com

Terkadang, bagi seseorang yang melakukan wawancara secara daring untuk pertama kali, akan terasa aneh saat mereka harus berbicara di depan kamera. Akan tetapi, kamu bisa menghadapi hal ini dengan berlatih.

Pastikan kamu merasa nyaman saat menjalani wawancara dan manfaatkan waktu sebaik mungkin ketika menjawab pertanyaan. Well, pada dasarnya gestur dan mimik muka kamu saat wawancara pun juga akan dievaluasi oleh pewawancara.

Oh iya, meskipun wawancara ini merupakan wawancara daring, jangan lupa untuk tetap melakukan kontak mata dan perhatikan juga nada suara yang kamu gunakan.

Persiapkan dokumen dan catatan

Salah satu hal yang bisa membantumu selama melakukan wawancara daring adalah dengan tetap mempersiapkan dokumen yang kamu butuhkan–CV atau portofolio, serta catatan kecil untuk kamu menulis. Hal ini akan memudahkan kamu saat menjawab pertanyaan dan tentunya mencatat poin penting dari pewawancara.

Tetap jaga penampilan

wawancara kerja daring
Sumber: conceptm.eu

Meskipun kamu melakukan wawancara di rumah, bukan berarti kamu tidak harus peduli terhadap penampilanmu. Tetaplah berpakaian secara profesional. Pastikan penampilanmu rapi dan siapkan juga ruang kamarmu supaya sedap dipandang saat kamu wawancara.

Nah, demikianlah beberapa kiat supaya kamu bisa sukses menjalani wawancara secara daring. Yang pasti, tetap lakukan riset sebelum melakukan wawancara. Bagaimanapun, hal tersebut akan berpengaruh terhadap penilaian dari peawancara. Apakah kamu siap jalani wawancara berikutnya, Kawan Rantau?

Baca juga kesempatan untuk kerja part time di Australia yang menjanjikan.

For Your Information

Apakah saya bisa melakukan wawancara kerja di tengah COVID-19?

Sekarang, banyak perusahaan yang menjalankan wawancara kerja secara daring untuk menyaring pegawai di tengah pandemi COVID-19.

Apa yang harus siapkan untuk menjalani wawancara kerja secara daring?

Baca artikel berikut ini untuk tahu jawaban lengkapnya.

Ingin mengetahui cerita lain di Worldwide?